TRANSLAMPUNG.COM,PESAWARAN- Tudingan dugaan pungli pembuatan Kartu Kelurga (KK) dan akte yang dilakukan oleh  Kasi Pemerintahan Desa Sukajaya Lempasing Gunawati (Ani) berujung dengan Pembuatan penyataan oleh salah satu warga Dusun 1 Rt 007 Mardiah di dalam pemberitaan yang beredar.

Pembuatan pernyataan yang dilakukàn oleh Mardiah (40) ini merupakan hasil dari musyawarah yang di lakukan oleh Kepala  Desa Sukajaya Lempasing di saksikan langsung oleh pihak Dinas Kependudukan Catatan Sipil (Disdukcapil) Pesawaran serta di hadiri oleh beberapa aparatur desa yang dilaksanakan di Kantor Kepala Desa Setempat, Kamis (30/07/2020).

Dalam surat pernyataan yang di buat oleh Mardiah ini menyatakan bahwa dalam pemberitaan yang berdar yang menuding ada dugaan pungli yang di lakukan oleh Kasi Pemerintahan Desa Sukajaya Lempasing, hanyalah miskomunikasi saja.

“Masalah ini merupakan miskomukasi saja, saya tidak pernah berharap untuk di besar besarkan ,”kata Mardiah.

Selaku kepala Desa Sukajaya Lempasing Zaenuri mengatakan bahwa hal ini merupakan murni kesalah pahaman atau miskomunikasi antara warga dan pihak apartur desa.

“Sebenarnya hal ini tidak terlalu di besar -besarkan,dan hal ini sudah selesai dengan adanya surat penyataan Mardiah ,”ucapnya.

Namun,menurut Zaenuri menerangkan bahwa dengan adanya masalah in dirinya menyatakan bahwa dalam hal ini ada oknum lawan potitik saat pemiliham kepala desa lalu  yang menungganginya.

“Intinya kalau saya ngambi kesimpulan ada oknum lawan politi saya yang telah membesar -besarkan masalah ini padahal sudah jelas dasar mereka itu tidak ada,”tegasnya.

Sementara selaku Camat Teluk Pandan Zulkifli saat di konfirmasi terkait masalah ini menyatakan bahwa dirinya tidak mau langsung memponis siapa yang salah dan siapa benar dalam hal ini ,karna semuanya perlu di kalrifikasi terlebih dahulu.

“Nah, saya sudah lakukan cek di lapangan ternyata hanya miskomunikasi saja.Dan masalah ini sudah selesai karna sudah ada surat pernyataan dari warga yang bersangkutan ,”tegasnya.

Dengan adanya maslalah ini Zulkifli Nuh berharap kepada masyarakat khusunya masyarakat Desa Sukajaya Lempasing  agar apapun masalah di lapanga  harus terlebih dahulu di komunikasikan kepada aparatur desa.

“Saya berharap kalau masyarakat ada permasalah jangan melibatkan orang lain tapi harus berkordinasi terlebih dahulu kepada apratur desa ,”harapnya.

Diketahui dalam pembuatan surat pernyataan yang di tandatangani oleh Mardiah pada Kamis 30/07/2020  di kantor Desa Sukajaya Lempasing menyatakan sebagi berikut:

-Mardiah mencabut pernyataan dalam pemberitaan yang sampaikan kepada awak media /LSM yang ia sampaikan pada hari Senin 27/07/2020 kisaran pukul 15.30 WIB di rumah kediaman orang tuanya.

-Dirinya menyatakan bahwa terkait dengan isi pemberitaan di Media bahwa dirinya penyataan adanya dana /biaya untuk pembuatan dokumen kependudukan kepada Gunawati (Ani).

-Mardiah menyatakan bahwa dengan adanya permasalahan ini sudah di selesiakan dengan secara kekeluargaan dengan membuat surat peryataan.

-Mardiah menyatakan dengan surat pernyataan yang sudah di tandatangai ini berharap kepada semua pihak yang terkait agar tidak di perpanjang permasalahan ini karna sudah di selesaikan.(ydn).