TRANSLAMPUNG.COM,PESAWARAN -Sebanyak 40 peserta calon anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) di empat kecamatan mengikuti tes wawancara yang di selengarakan oleh pihak Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pesawaran yang dilaksanakan di kantor KPU setempat,Sabtu,(08/02/2020).

Menurut Ketua KPU Kabupaten Pesawaran Yatin Putro Sugino, bahwa saat ini pihaknya sedang melaksanakan tes warawancara terhadap calon PPK di empat kecamatan yakni,Kecamatan Gedong Tataan,Kecamatan Negri Katon, Kecamatan Tegineneng dan Way Lima.

“Saat ini calon peserta PPK yang mengikuti tes wawancara masing -masing per- kecamatan sebanyak 10 orang, jadi jumlah keseluruhan dari empat kecamatan sebanyak 40 peserta yang mengikuti tes wawancara,”kata Yatin saat dihubungi translampung.com,Sabtu,(08/02/2020).

Natinya lanjut Yatin,setelah di lakukan tes wawancara dan dinyatakan peserta lolos pihak KPU akan mengambil lima peserta calon PPK yang akan di tempatkan di masing -masing kecamatan.

“Jadi dari 10 peserta calon PPK per-kecamatan ini kita ambil 5 terbaik yang lolos mengikuti tes wawancara ini,dan nantinya di tepatkan di kecamatan masing -masing ,”ujarnya.

Sedangkan terkait materi tes wawancara, peserta calon anggota PPK ini harus memiliki Integritas, pemahaman kewilayahan, Wawasan kebangsaan,Manajemen pemutakhiran data,Pemahaman Kepemiluan,serta klarifikasi jika ada tanggapan masyarakat, dan tentunya rekam jejak calon PPK.

“Kita dalam pelaksanaan tes ini perlu selektif dalam menetukan calon anggota PPK yang akan di tugaskan di setiap kecamatan tujuanya demi terwujudnya pilkada yang bermartabat ,”tegasnya.

Yatin juga menjelaskan bahwa untuk pelaksanakan tes wawancara ini di laksanakan selama tiga hari dimulai dari hari Sabtu -Senin, namun pelaksanaan tes wawancara ini di lakukan perkecamatan seperti saat ini empat kecamatan yang mengikuti ter wawancara ini.

“Sistem tes wawancara  ini kita lakukan per -kecamatan, dan untuk kecamatan lainya akan di laksanakan pada hari minggu dan senin,”pungkasnya,(ydn).