BANDARLAMPUNG, TRANSLAMPUNG.COM – Kebakaran terjadi di pemukiman padat penduduk Jalan Yos Sudarso Gg Cendrawasih, Kelurahan Pidada III, Kecamatan Panjang, Rabu 20 November 2019, pukul 08:39 WIB. Dalam kejadian itu, terdapat 3 rumah hangus terbakar dan 1 rumah rusak terkena reruntuhan.

Wali Kota Bandar Lampung Herman HN meninjau langsung lokasi kebakaran 2 jam setelah api berhasil dipadamkan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD). Dikesempatan ini Walikota, menyatakan akan memberikan bantuan untuk memperbaiki bangunan yang rusak akibat kebakaran.

“Masyarakat yang kena musibah ini, sabar. Mudah-mudahan ini ujian dari Allah SWT, karena ujian-Nya bermacam cara. Saya turut prihatin, nanti akan saya bantu semua,” katanya, Rabu 20 November 2019 di lokasi.

Namun, lanjutnya, dirinya belum bisa menyebut nominal yang akan dialokasikan untuk membantu para korban kebakaran memperbaiki rumah yang rusak. Sebab belum dapat diprediksikan kerugian korban.

“Nilainya nanti kita sesuaikan dengan keuangan daerah, belum dihitung. Bantuan yang nanti diberikan untuk membantu memperbaiki lagi rumahnya,” jelasnya.

Herman HN menghimbau, kepada masyarakat untuk mengecek kembali rumah sebelum ditinggalkan pergi. Mematikan listrik dan mematikan kompor.

“Dan untuk listrik jangan banyak colokannya, jangan banyak sambungan. Insyaallah kita akan dilindungi Allah,” tandasnya.

Dilokasi yang sama, Kepala BPBD Kota Kota Bandar Lampung Syamsul Rahman memaparkan, kejadian kebakaran terjadi pukul 08.39 WIB, dan api berhasil dipadamkan pukul 09.50 WIB.

“Unit yang dikerahkan dilokasi, satu unit blangwir denga suplay air dari jalan Kapten Tendean dan dari Bumi Waras. Dengan jumlah personel 18 orang,” ungkapnya

Ia menyebutkan, ada 3 unit rumah yang terbakar dan 1 rumah rusak karena reruntuhan itu tidak memakan korban jiwa. Namun untuk kerugian ditaksir keseluruhan mencapai Rp.55 juta.(enj)