PANARAGAN (translampung.com)– Pemerintah Kabupaten Tulangbawang Barat (Tubaba) Lampung, dipastikan mendapat bantuan Dana Alokasi Khusus (DAK) dari Pemerintah Pusat untuk pembangunan gedung Perpustakaan Daerah (Pusda).

Hal tersebut diungkapkan Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Tubaba, Fajril, didampingi Sekretaris Hudaya, saat dikonfirmasi translampung.com diruang kerjanya, Rabu (13/10/2021) pukul 13.39 Wib.

“Kita mendapat bantuan DAK dari Pemerintah Pusat melalui Perpustakaan Nasional senilai Rp.10 Miliar untuk pembangunan gedung Pusda, yang mana bantuan tersebut merupakan hasil dari usulan yang kita lakukan sejak April 2021 ini, dan diumumkan secara resmi oleh Pusat pada 1 Oktober lalu bahwa usulan kita diterima dan akan direalisasikan awal tahun 2022.” Kata Fajril.

Lanjut dia, dalam proses pembangunan tersebut kita telah bekerjasama dengan CV Cipta Daya Mandiri Bandar Lampung selaku konsultan perencanaan, dan untuk lelang pekerjaan akan dilakukan pada Desember tahun ini, sehingga Januari sudah didapat siapa rekanan yang akan mengerjakan.

“Adapun untuk pembangunan gedung oleh rekanan direncanakan mulai pada Februari atau Maret, dengan waktu kalender paling 6 bulan atau paling lama 10 bulan, karena pada akhir 2022 diharuskan sudah proses serah terima gedung.” Jelasnya.

Menurutnya, untuk bangunan gedung Pusda Tubaba ini ada dua lantai, yang terletak di Tiyuh (Desa) Panaragan Suku Penengahan atau Suku XI, dengan luas lokasi 1 Hektar.

“Nantinya setelah gedung itu jadi, maka kantor Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Tubaba pun akan pindah disana, sehingga tahun 2022 kita akan kembali melakukan usulan untuk pemenuhan isi kelengkapan dalam gedung seperti, meja, komputer, dan lain-lain.” Tuturnya.

Kata dia, pembangunan Pusda ini adalah upaya Pemkab Tubaba dalam mengembangkan dunia literasi serta sebagai bentuk tekad Pemerintah memfasilitasi masyarakat agar mengembangkan diri dengan menumbuhkan kembangkan minat budaya membaca.

“Bantuan tersebut didapat tentunya atas kerjasama kita bersama, sehingga kami Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Tubaba juga sangat berterimakasih kepada Bupati yang telah mendukung upaya kita, dan pula terhadap Kepala Perpustakaan Nasional RI Bapak Syarif Bando, yang telah memberikan perhatian dan bantuan kepada Kabupaten Tubaba, semoga sinergi ini dapat terus berlanjut di masa mendatang.” Imbuhnya. (D/r)