TRANSLAMPUNG.COM, PESAWARAN- Upaya untuk meningkatkan prekonomian masyarakat di Kabupaten Pesawaran agar masyarakat bisa mahmur dan sejatera Dendi Ramadhona rencanakan pemberian pinjaman lunak kepada Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) seluruh Desa di Kabupaten Pesawaran.

Hal ini di ungkapkan oleh Dendi Ramadhona yang merupakan calon petahan Bupati Pesawaran saat mengelar silaturahmi dan Kampanye tatap muka kepada masyarakat di Desa Persiapan Grujugan Baru, Negeri Katon, Pesawaran, Kamis (29/10/2020).

Mantan Anngota DPRD Provinsi Lampung ini menjelaskan bahwa selama ini UMKM yang sudah tersebar di seluruh Kabupaten Pesawaran perlu dukungan modal untuk meningkatkan produktifitasnya.

Lebih lanjut Ia juga contoh seperti daerah Grujugan baru yang memiliki potensi industri rumah tangga pembuatan gula merah dan gula aren.

“Potensi industri Gula merah harus kita tingkatakan, bila perlu nanti kita buat sentral pembuatan gula merah sehingga nantinya daerah – daerah lain ngambilnya di Grujugan Baru,” harapnya.

Dendi Ramadhona memiliki program peminjaman lunak sebesar 200 juta perdesa melalui Badan Usaha Milik Desa (Bumdes) yang akan diberikan kepada UMKM yang memiliki usaha serta dana tersebut dipergunakan untuk meningkatkan produktifitas.

“Nantinya saya siapkan Program Pinjaman Lunak Setiap Desa masing masing disiapkan 200 juta, 10 sampai 20 UMKM akan diberikan pinjaman sekitar 10 sd 20 juta, tentunya dana ini akan dipergunakan untuk meningkatkan produktifitas usahanya.

Dalam hal perijinan peminjamannya, Dendi tegaskan akan mempermudah persyaratan pengajuan peminjaman dana tersebut.

“Untuk perijinan kita akan permudah dan tidak seruwet seperti peminjaman Bank Konvensional,” pungkasnya (*/ydn).