BUKA MUSRENBANG 2020 TANGGAMUS: Gubernur Lampung Arinal Djunaidi membuka Musrenbang 2020 Kabupaten Tanggamus, didampingi Bupati Tanggamus Dewi Handajani dan Kepala Bappelitbang Hendra Wijaya Mega.

TRANSLAMPUNG.COM, TANGGAMUS – Pelaksanaan Musyawarah Rencana Pembangunan 2020 Kabupaten Tanggamus kali pertama ini diresmikan langsung oleh Gubernur Lampung Ir. Arinal Djunaidi. Musrenbang 2020 yang diprakarsai Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian, dan Pengembangan (Bappelitbang) Tanggamus tersebut, dilaksanakan dalam rangka menyusun RKPD tahun 2021.

Kepala Bappelitbang Tanggamus, Hi. Hendra Wijaya Mega, S.T., M.T. dalam laporannya megatakan, Musrenbang 2020 untuk sinkronisasi prioritas kegiatan pembangunan yang berasal dari musrenbang pekon, musrenbang kecamatan, dan konsultasi publik. Lalu merumuskan dan menetapkan Kebijakan Umum Anggaran (KUA) tahun 2021 yang bersinergi dengan KUA dan Prioritas pembangunan Provinsi Lampung dan Nasional.

“Sasaran yang ingin dicapai dari Musrenbang 2020, yaitu tercapainya perencanaan pembangunan yang optimal dengan memadukan aspirasi masyarakat,” ujar Hendra Wijaya Mega di Aula Islamic Center, Selasa (10/3).

Mantan Sekretaris Dinas PUPR Tanggamus itu juga sangat berterimakasih kepada Gubernur Lampung Arinal Djunaidi yang sudah berkenan hadir untuk membuka kegiatan Musrenbang 2020 Tanggamus.

”Kehadiran Pak Gubernur dalam kegiatan musrenbang ini memang sangat dinanti-nanti. Sepanjang sejarah Tanggamus berdiri, baru kali ini Musrenbang Kabupaten dibuka langsung oleh Pak Gubernur,” kata Hendra.  

Bupati Tanggamus Hj. Dewi Handajani, S.E., M.M. dalam sambutannya mengatakan, Forum Musrenbang 2020 mempunyai nilai strategis, karena melibatkan seluruh unsur pemangku kepentingan untuk membahas rencana awal RKPD tahun 2021.

”Tujuannya untuk mempertajam capaian sasaran program prioritas pembangunan daerah yang selaras dengan sasaran Pemprov Lampung dan Pemerintah Pusat. Kebutuhan serta aspirasi masyarakat berdasarkan kondisi nyata, kemampuan, dan karakterisitik daerah. Sesuai tema pembangunan tahun 2021 yaitu Peningkatan Daya Saing Sumber Daya Manusia, Pembangunan Infrastruktur Berkelanjutan, dan Pelayanan Publik Untuk Pertumbuhan Berkualitas,” terang bupati.

Terkait dengan pelaksanaan pembangunan pada tahun 2021, kata Dewi Handajani, Kabupaten Tanggamus telah menginventarisir beberapa isu strategis pembangunan tahun 2021. Antara lain Kawasan Industri Tanggamus (KIT) menjadi salah satu kawasan industri yang dikembangkan, berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 18 Tahun 2020.

Gubernur Lampung Arinal Djunaidi dalam sambutannya mengatakan, kehadirannya membuka Musrenbang 2020 Tanggamus untuk mendengarkan aspirasi langsung dari masyarakat.

“Kata panitia acara, sepanjang Tanggamus berdiri, baru kali ini (musrenbang) langsung dibuka gubernur. Saya datang ke sini untuk mendengarkan langsung keluhan dari masyarakat. Dan itu adalah hak masyarakat untuk menyampaikan keluhan dalam musrenbang. Saya juga ucapkan terimakasih atas terlaksananya musrenbang ini untuk membuktikan komitmen dalam melibatkan partisipasi masyarakat,” ujar Arinal.  

Kabupaten Tanggamus, lanjut gubernur, menjadi salah satu kabupaten/kota di Provinsi Lampung yang mendapat kucuran APBD Provinsi tertinggi. Yaitu sekitar Rp33 miliar.

”Kabupaten Waykanan yang tak lain daerah saya saja, tidak sebesar itu APBD Provinsinya. Ini karena Tanggamus merupakan salah satu kabupaten yang masuk dalam RPJMN, sebagai salah satu kawasan industri di luar Pulau Jawa. Sehingga Pemprov Lampung harus men-support,” tegas gubernur.

Hadir juga dalam kegiatan itu Wabup Tanggamus Hi. A.M. Syafi’i, S.Ag., Ketua DPRD Tanggamus Heri Agus Setiawan, S.Sos., Anggota DPD RI Bustami Zainudin, S.Pd., M.H., Kapolres Tanggamus AKBP Hesmu Baroto, S.I.K., M.M., Dandim 0424 Letkol (Inf) Arman Aris Sallo, Kepala Kejari Tanggamus David P. Duarsa, S.H., M.H., Ketua PN Kotaagung Ratriningtyas, S.H., M.H., Ketua PA Tanggamus Drs. Hi. Asrori, seluruh Kepala OPD, seluruh Camat, para Akademisi, para Kepala BUMD, dan perwakilan pihak swasta. (ayp)