TRANSLAMPUNG.COM

LAMPUNG UTARA – Ribuan massa yang berasal dari 232 desa se Lampung utara berencana akan menggelar aksi turun kejalan, guna menuntut realisasi pencairan Anggaran Dana Desa (ADD) 2019 yang selama sembilan (9) bulan belum terealisasikan.

Aksi yang dikomandoi Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (Apdesi) Kabupaten Lampung Utara tersebut rencananya akan dilaksanakan pada tanggal hari senin (2/12/2019)

Ketua Apdesi Lampura Edwar Syahputra saat dikonfirmasi usai rapat di kantor Apdesi menyampaikan, aksi ini dilakukan sebagai tuntutan atas belum direalisasikannya anggaran dana desa tahun 2019 yang hingga saat ini belum dicairkan, Meski pihak Pemkab telah berulang kali berjanji, namun kenyataan nya hanya sekedar isapan jempol semata.

” Selama ini mereka (Pemda) hanya berjanji-janji katanya mau dibuat permetrik (triwulan) tahun ini akan selesai. Bukti sampai saat ini baru satu triwulan atau baru bulan Maret 2019 yang direalisasikannya, sementara waktu ini hanya menyisakan satu bulan lagi,” ucap Edwar kamis (28/11/2019)

Dikatakan Edwar, dalam aksi yang akan dilaksanakan hari senin ini, pihaknya akan menurunkan sekitar sepuluh ribu massa dari seluruh jajaran dan perangkat desa di wilayah perdesaan masing masing, Sehingga apa yang menjadi haknya dapat segera disalurkan, sebab selama ini gaji maupun operasional perangkat ditanggung sendiri. Bahkan dilapangan tak sedikit yang harus dikerjakan sehingga mereka harus gali lubang danbtutup lubang.

” Kami juga telah berkoordinasi dengan Polres Lampung Utara mengenai kegiatan ini. Alhamdulillah tak ada halangan berarti, kalaupun tidak juga direalisasikan masalah ini akan kami mengelar aksi yang lebih besar lagi dan akan kami bawa ke Kemendagri agar ditindak lanjuti segera di daerah,” pungkasnya, seraya mengatakan ADD 2018 baru saja diselesaikan pada September lalu. Dan saat ini untuk Tahun 2019 baru direalisasikan 3 bulan (satu triwulan), padahal itu dijanjikan akan selesai pada tahun ini. (Iwan/ek)