TRANSLAMPUNG.COM (PANARAGAN)–
Berbagai inovasi upaya peningkatan kapasitas Pendidikan, Pemkab Tulangbawang Barat (Tubaba) melalui Dinas Pendidikan (Disdik) setempat, kembali mengadakan Tubaba Mini Camp.

Hal tersebut setelah sebelumnya Pemkab Tubaba sukses melaksanakan Tubaba Camp di sekolah tingkat Pendidikan Dasar se Kabupaten setempat.

Disampaikan Plt Kepala Dinas Pendidikan Budiman Jaya. Tubaba Mini Camp merupakan sebagai upaya tindak lanjut dalam penerapan karakter sekolah nenemo setelah membentuk para Ksatria Nenemo. Tubaba mini Camp bertujuan untuk menginisiasi sekolah sebagai contoh penerapan kesadaran dan kepekaan seluruh warga sekolah terhadap lingkungan dalam konteks menguatkan pendidikan karakter dengan prinsip Nenemo, Sederhana, Setara dan Lestari.

“Tubaba Mini Camp Juga bertujuan menginisiasi sekolah sebagai contoh dalam meningkatkan pengetahuan, keterampilan, dan sikap sebagai teladan tentang mengenal diri, mengenal lingkungan (Desa), dan pola hidup ekologis.” Kata Budiman Jaya, saat dihubungi translampung.com Via telepon pada (30/10/2019) sekitar pukul 13.30 Wib.

Menurutnya, kegiatan Tubaba Mini Camp itu kali pertama dilaksanakan selama satu hari di SDN 01 Sumberejo, Kecamatan Tumijajar yang diikuti oleh 241 orang murid di sekolah tersebut dari kelas 1 sampai kelas 6. Instruktur kegiatannya yakni Guru Penggerak, Dewan Guru di sekolah terkait, dan unsur Dinas Pendidikan. Untuk diketahui, Kegiatan Tubaba Mini Camp tersebut rencananya baru akan diterapkan secara sampling di 4 sekolah yang tersebar di 4 kecamatan yakni hari ini di SDN 01 Sumberejo, Kecamatan Tumijajar, selanjutnya di SMPN 1 Tulangbawang Tengah, SDN 1 Mekarsari Jaya, Kecamatan Lambu Kibang, dan SMPN 2 Gunung Agung, Kecamatan Gunung Agung.

“Semoga pembiasaan karakter baik melalui Tubaba Mini Camp dapat terlaksana dengan baik sesuai dengan cita-cita Bapak Bupati Tulangbawang Barat, Hi. Umar Ahmad, SP dan Dinas Pendidikan Tulangbawang Barat, yang selanjutnya untuk diterapkan di seluruh SD Se-Tubaba.” Imbuhnya. (Dirman).