TRANSLAMPUNG.COM (PANARAGAN)– Dalam rangka mewujudkan gaya hidup sehat dan bersih, Pemerintah Kabupaten Tulangbawang Barat (Tubaba) Lampung, telah menjalankan program Open Defecation Free (ODF) atau Stop Buang Air Besar sembarangan di seluruh Tiyuh (Desa) dan Kelurahan.

Hal itu terbukti, hari ini (27/10/2020) pukul 10.00 Wib. Tubaba dinyatakan sebagai Kabupaten ODF ke 5 di Provinsi Lampung, melalui kegiatan Zoom Meeting Virtual dalam rangka Deklarasi Open Defecation Free, bersama Kementerian Kesehatan RI diwakili oleh Eli Setiawan.S.Km.M.Kes. Kepala Dinas Kesehatan Prov.Lampung di Wakili Oleh Kabid Kesmas Uki Basuki.S.Km.M.Kes. Pejabat Tinggi Pratama, Administratur dan Pengawas lingkup Pemerintahan Kabupaten Tubaba, serta peserta zoom meeting lainnya.

“Kabupaten Tubaba 100 persen telah sepenuhnya melakukan program ODF, kami dari Kemenkes RI sangat mengapresiasi dan Komitmen bersama kepada Bupati ,Stakeholder dan Masyarakat Tubaba yang telah mendukung dalam mencanangkan dari pada program sehat ODF dengan tidak ada lagi yang melakukan daripada perilaku Buang Air Besar Sembarangan,” kata Kasubid PASD Direktorat Kesehatan Lingkungan Kemenkes RI Eli Setiawati.S.Km.

Sementara itu, Kepala Kabid Kesmas Provinsi Lampung, Uki Basuki.S.Km.M.Kes mengatakan. Bahwa dengan situasi Pandemi Virus Covid-19 Kabupaten Tubaba tetap bergerak dalam melakukan program ODF sebagai salah satu Pilar Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) dalam rangka menuju Universal Access di bidang sanitasi.

“Dengan dilakukan nya Deklarasi ODF ini Kami dari Pemerintahan Provinsi Lampung Mengucapkan terima kasih dan Ucapan Selamat sebagai Kabupaten ODF Ke-5 di Lampung, kami berharap Kabupaten Tubaba pada tahun 2021 dapat mengikuti STBM Award Kabupaten Sehat 2021,” ungkapnya.

Terpisah, Dikatakan Pj. Sekdakab Tubaba Norviwan Jaya, dalam sambutannya mengatakan. Bahwa dengan telah ditetapkannya ODF di Tubaba, diharapkan dapat meningkatkan semangat dan motivasi masyarakat untuk mensukseskan gerakan ODF / Stop Buang Air Besar Sembarangan secara berkelanjutan sesuai dengan Program Nasional Universal Acces dan SDGS 2030.

Berdasarkan pantauan translampung.com, dalam kegiatan itu dilakukan Pengucapan Deklarasi, Ikrar Kabupaten ODF oleh Camat Tulangbawang Tengah, serta Penyerahan Prasasti dan Sertifikat ODF Kepada Kepala Tiyuh Toto Wonodadi dan Tiyuh Makarti secara simbolis. (D/R)