PANARAGAN (translampung.com)– Upaya menjaga stabilitas pangan, program Toko Tani Indonesia Center (TTIC) kini hadir di Kabupaten Tulangbawang Barat (Tubaba) Lampung.

Program yang diinisiasi dari Pemerintah Pusat tersebut, mulai direalisasikan oleh Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Tubaba pada bulan Ramadhan 1442 Hijriah ini. Dan sementara tempat TTIC itu berada di Kantor DKP Tiyuh (Desa) Panaragan, Kecamatan Tulangbawang Tengah.

“TTIC merupakan sarana atau wadah Gapoktan / supplier / produsen pangan lainnya untuk memasarkan komoditas pangan hasil produksi pertanian khususnya Sembako seperti beras, cabai merah, bawang merah, bawang putih, telur ayam, gula pasir, minyak goreng, dan komoditas lainnya.” Kata Kepala DKP Tubaba, Aprizal, saat dikonfirmasi translampung.com diruang kerjanya, Selasa (20/4/2021) pukul 10.30 Wib.

Melalui TTIC ini, masyarakat dapat membeli barang-barang Sembako dan kebutuhan pangan lainnya dengan harga yang lebih murah dan berkualitas.

“Saat ini kita sudah mulai membeli barang-barang yang akan kita pasarkan di TTIC DKP Tubaba dan melakukan pembenahan tempat. Namun, untuk saat ini kita masih akan koordinasi terlebih dahulu kepada Pimpinan bagaimana sistem pelaksanaan kedepannya, mulai dari ketersediaan barang, harga, dan lain-lain, serta tentunya pula dilakukan Launching terlebih dahulu.” Paparnya.

Lanjut dia, ditargetkan menjelang Lebaran Idul Fitri ini, TTIC sudah mulai beroperasi dan kita berencana akan membuat Bazar atau Pasar Murah untuk masyarakat.

“Dengan adanya program TTIC tersebut, kita berharap kebutuhan dan ketersediaan bahan-bahan pangan dapat terjaga, dan pengendalian harga dapat sesuai dengan yang ditetapkan Pemerintah atau lebih rendah daripada harga Pasar.” Imbuhnya. (D/R)