TRANSLAMPUNG.COM–PANARAGAN. Bupati Kabupaten Tulang Bawang Barat (Tubaba) Lampung, bersama tim peserta Megalithic Millenium Art (MMA), melakukan Tour dan penanaman pohon Enau (Aren).

Kegiatan tersebut berlangsung pada Sabtu (25/01/2020) pukul 08.30 Wib-15.30 Wib. Yang dihadiri langsung Bupati Tubaba Umar Ahmad, SP dan rombongan, serta seluruh peserta dan Budayawan dalam acara MMA tersebut.

Berdasarkan pantauan translampung.com, penanaman pohon Aren (Enau) dan jenis pohon kayu keras oleh Bupati dan Tim Megalithic Millenium Art, dilakukan di Bantaran Sungai Batanghari Papan Tiyuh (Desa) Gunung Katun Tanjungan, dan samping Kanan-Kiri jalan dekat Jembatan Desa Gedung Ratu Kecamatan Tulang Bawang Udik (TBU).

Selain ke Batanghari Papan tersebut, Bupati beserta tim juga berkunjung ke beberapa situs sejarah budaya, yakni Patung Megou Pak Tiyuh Panaragan, Makam Haji Patih Pejurit gelar Minak Kumala Bumi Tiyuh Pagar Dewa, dan Benteng Sabuk Tiyuh Gunung Katun Tanjungan.

“Makam di Tiyuh Pagar Dewa merupakan Makam Haji Pejurit Hidayatullah gelar Minak Kumala Bumi, dimana beliau merupakan tokoh yang berjasa dalam mengislamkan wilayah Kabupaten Tulang Bawang Barat, dan salah satu Tokoh yang mempersatukan antara Sunan Palembang dan Sunan Banten, selain itu juga sebagai sosok penting yang sangat berjasa bagi daerah ini pada abad ke 15. Adapun Situs Benteng Sabuk berupa fitur parit (cekungan) benteng dan gundukan tanah, makam Kuno serta sebaran artefak,” terang Bupati.

Dalam Tour tersebut, salah satu peserta Penyaji warga negara asal Rusia Moris Shakaia, menyatakan diri untuk menjadi muallaf (masuk agama Islam) dengan mengucapkan 2 kalimat syahadat yang dibimbing oleh H. Hermani di Situs Sejarah Budaya Makam Haji Patih Pejurit. (D/R)