TRANSLAMPUNG.COM–PANARAGAN. Tiyuh (Desa) Tirta Makmur Kecamatan Tulangbawang Tengah (TBT) Kabupaten Tulangbawang Barat (Tubaba) Lampung, menyalurkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) tahap 3, dan pergunakan pula Dana Desa (DD) ke fisik.

Adapun kegiatan penyaluran BLT yang bersumber dari Dana Desa (DD), dilaksanakan di Balai Rakyat Tiyuh setempat, yang pada hari ini, Rabu (24/6/2020) pukul 15.00 Wib. Telah dilakukan penyaluran BLT DD tahap 3 atau terakhir.

“Hari ini kita menyalurkan BLT tahap 3 kepada 160 KK, yang mana sebelumnya telah dilaksanakan pula penyaluran BLT tahap 1 dan 2, dengan masing-masing tahapan sebesar Rp.600.000. BLT tersebut bertujuan untuk memberi bantuan kepada masyarakat yang terdampak atau ekonomi lemah di masa Pandemi Covid 19, yang terhitung 3 tahap selama 3 bulan dari bulan April hingga Juni 2020,” kata Sapto, selaku Kepala Tiyuh Tirta Makmur, saat diwawancara translampung.com di lokasi penyaluran BLT, pukul 15.30 Wib.

Tiyuh Tirta Makmur juga menggunakan Dana Desa untuk penanganan Covid 19, lanjut dia, yakni dengan mempersiapkan dan membeli berbagai kebutuhan dalam memerangi Covid 19, dengan anggaran Rp 54 juta, yang dipergunakan untuk membeli kebutuhan seperti Termometer suhu, Desinfektan, keperluan Posko, Rumah Singgah, dan lainnya.

“Selain itu, Tiyuh Tirta Makmur juga menggunakan anggaran DD untuk pembangunan fisik, yang bersumber dari DD tahap 1, yang dialokasikan untuk pembangunan jalan tani sepanjang 1.000 meter dan lebar lebih kurang 6 meter yang terletak di RK 5 dan RK 6,” terangnya.

Adapun untuk realisasi DD tahap 3 nanti, jelas dia, masih menunggu keputusan apakah akan ada perpanjangan BLT atau tidak, jika tidak ada maka akan dialokasikan ke fisik untuk meneruskan pembangunan Balai Rakyat di RK 3. Dengan berbagai kegiatan yang telah atau yang akan dilakukan, diharapkan semua upaya Pemerintah Tiyuh Tirta Makmur dan penggunaan DD dapat bermanfaat bagi masyarakat.

Sementara itu, dikatakan salah satu warga setempat, mbah Rudi Purwoto (65) dari RK 1, mengungkapkan terimakasih kepada Pemerintah Tiyuh setempat yang telah menyalurkan BLT.

“Terimakasih atas BLT yang telah diberikan, uang ini untuk kebutuhan sehari-hari, karena memang selama Pandemi Covid 19 ini pekerjaan menjadi sulit, sehingga dengan adanya bantuan ini bisa meringankan sedikit beban dalam memenuhi kebutuhan hidup,” imbuhnya. (D/R)