BANDARLAMPUNG (Translampung.com)

Upaya mewujudkan Wartawan Profesional.  Organisasi Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Lampung, bersama Dewan Pers menggelar Uji Kompetensi Wartawan (UKW) jenjang Muda, Madya hingga Utama.

Acara tersebut dipusatkan di Ruang pertemuan Swiss Belhotel Lampung, dengan jumlah 54 orang peserta terbagi tiga kelas diantaranya, kelas Muda 30 orang, Madya 12 Orang dan Utama 12 orang.

Diungkapkan Sekretaris PWI Lampung Nizwar mengatakan. Uji Kompetensi Wartawan kali ini merupakan program PWI dan Dewan Pers.
Angkatan ke 23 dan 24.

“UKW ini penting dilakukan untuk meningkatkan profesionalitas kita sebagai Wartawan, dalam UKW ini nantinya akan dilakukan ujian dan pemberian arahan dari masing-masing asesor tentang standar pekerjaan Pers.” Kata Niswar kepada translampung.com pada (9/4/2021) pukul 08.30 Wib.

Menurutnya dari sejumlah 54 peserta UKW tersebut terdiri dari 6 jenjang muda, 2 jenjang madya, dan 1 jenjang utama dari masing-masing kabupaten kota.

“Jenjang utama ini levelnya sudah redaktur pelaksana ke atas. Sedangkan madya baru level untuk sekelas redaktur. Sementara muda level wartawan.” Jelasnya.

Lanjut Nizwar, dari masing-masing jenjang ada periodik, mereka yang telah dinyatakan jenjang muda bisa mengikuti naik ke madya setelah 3 tahun, dan dari madya ke utama setelah 2 tahun. Sementara, terkait Penguji UKW tersebut berasal dari PWI dan Dewan Pers berjumlah 9 orang.

“Kita berharap nantinya wartawan yang dinyatakan Kompeten di Provinsi Lampung dapat terus bertambah sehingga hasil karya yang dihasilkan dapat berwawasan, profesional, dan berkualitas. Hingga saat ini jumlah anggota PWI Lampung yang telah tersertifikasi baik muda, madya dan utama baru mencapai 725 orang.”Imbuhnya (D/R).