MESUJI – Dinas Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Mesuji melakukan kegiatan layanan perpustakaan keliling dan pembinaan pustakawan murid sekolah dasar (SD) se – Kecamatan Way Serdang. Bertempat di SD Negeri 14 Way Serdang, Rabu (11/03/2020).

Sekretaris Dinas Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Mesuji Agung Subandara mengatakan, perpustakaan merupakan salah satu sarana pembelajaran yang dapat menjadi sebuah kekuatan untuk mencerdaskan bangsa.

“Perpustakaan mempunyai peranan penting sebagai jembatan menuju penguasaan ilmu, pengetahuan yang sekaligus menjadi tempat rekreasi yang menyenangkan dan menyegarkan bagi para pemustaka,”kata Agung

Diungkapkan Agung, Pemerintah Kabupaten Mesuji menyadari, bahwa untuk menciptakan minat baca masyarakat memang memerlukan sarana dan prasarana yang memadai.

“Tahun ini Pemkab Mesuji akan membangun gedung perpustakaan daerah yang berlokasi samping Kantor Kecamatan Tanjung Raya, di Desa Brabasan,”paparnya

Untuk sementara, kata Agung, sambil menunggu pembangunanan gedung perpustakaan selesai, kita sedang mengoptimalkan penggunaan mobil perpustakaan keliling.

“Dengan adanya mobil perpustakaan keliling ini, masyarakat akan memperoleh kemudahan dalam layanan perpustakaan sampai ke seluruh pelosok desa. Selain itu, juga bertujuan untuk membangun minat baca maupun mempercepat penyebaran informasi kepada masyarakat luas. Sekarang sudah zamannya pelayanan jemput bola, kita mudahkan masyarakat,”tandasnya

Dalam kegiatan layanan perpustakaan keliling ini dihadiri oleh bunda literasi Nelly Wati Saply TH.

Dalam sambutanya, Nelly mengapresiasi dengan diselenggarakannya kegiatan dalam rangka peningkatan kapasitas dan kapabilitas pustakawan SD, khususnya di Kecamatan Way Serdang.

Di katakan Nelly, perpustakaan merupakan cermin indikator kemajuan sebuah bangsa dan gambaran citra seorang individu dalam mengembangkan melalui ilmu pengetahuan yang didapat di perpustakaan.

“Haruslah kita sadari bersama, bahwa perpustakaan mempunyai peranan penting dalam dunia pendidikan sepanjang masa. Hingga mutualitas lulusan sekolah bergantung pada kualitas dan kuantitas dari koleksi buku-buku perpustakaan tersebut yang dapat mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi,”ujarnya. (Nara)