Bandar Lampung – Guna meningkatkan kemampuan dan kapasitas Kepala serta Perangkat Desa, dalam pengelolaan dana desa (DD)dan alokasi dana desa (ADD). Untuk itu, sebanyak 99 Kepala Desa, Sekertaris Desa, dan BPD Se-Kabupaten Mesuji mengikuti kegiatan Bimbingan Teknis (Bimtek) yang diselenggarakan oleh Pusat Informasi Pengembangan Pemerintahan Daerah (Puspimda) Training Centre.

Kegiatan peningkatan kapasitas Perangkat Desa ini digelar selama tiga hari sejak tanggal 19-21 Maret tahun 2021. Bertempat di Ballroom Hotel Horison Kota Bandar Lampung. Dengan mengambil tema “Memahami perencanaan pembangunan desa dan pengelolaan keuangan desa serta penanggulangan bencana Daerah”.

Mengingat situasi Pandemi Covid-19, kegiatan tersebut dibagi menjadi dua gelombang serta tetap menerapkan protokol kesehatan sesuai anjuran pemerintah.

Hadir dalam kegiatan tersebut Imam Fahrurrozi dan Roni Abu Hasan Kasi Pemerintahan Desa dari Balai PMD Kemendagri Regional Sumatera dan Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Mesuji Sunardi Nyerupa.SE., sebagai salah satu pemateri yang sekaligus diminta oleh pihak pelaksana dan para peserta kegiatan untuk membuka kegiatan tersebut.

Dalam sambutannya, mantan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa itu mengatakan, bahwa kegiatan bimtek ini sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan kemampuan aparatur desa dalam mengelola DD dan ADD agar terhindar dari masalah.

“Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan perangkat desa dalam mengelola DD, juga sangat diperbolehkan dianggarkan melalui DD. Saya berharap dengan adanya kegiatan ini bisa betul-betul diserap dan diterapkan, serta menambah wawasan dan pengetahuan para perangkat desa dalam mengelola APBDes agar terhindar dari kesalahan,”jelasnya.

Sementara Ketua Puspimda Training Centre, Ashari menjelaskan, pihaknya sebagai perpanjangan tangan dari pihak kementerian desa melalui balai PMD untuk membantu fasilitas untuk mensosialisasikan kepada perangkat desa terkait peraturan tentang pengelolaan dana desa dan pembangunan SDM nya.

Disamping itu, pihaknya memang selama ini bergerak dibidang pengembangan SDM dan sudah berulang kali melaksanakan kegiatan serupa dibeberapa wilayah Kabupaten/Kota dan Provinsi, salah satunya di Mesuji.

“Karena kami memang sudah sering kali melaksanakan kegiatan semacam ini di beberapa daerah untuk pengembangan dan peningkatan kapasitas SDM. Salah satunya perangkat desa dengan kegiatan ini semoga materi yang disampaikan bisa dipahami dan diterapkan nantinya dalam pembangunan dan pengelolaan keuangan desa. Disamping itu juga ada tambahan materi tentang penanganan bencana alam yang terjadi di desa,”urainya.(nara)