TRANSLAMPUNG.COM–PANARAGAN. Terkagum dengan cara pemikiran Bupati Tulang Bawang Barat (Tubaba) Umar Ahmad SP, Budayawan Mancanegara asal Amerika dan Jepang, sangat mengapresiasi pembangunan di Tubaba.

Hal tersebut diungkapkan Budayawan Ari Rodenco dari Amerika, dan Katsurakan dari Jepang, saat diwawancarai Translampung.com pada Kamis (23/01/2020) pukul 09.53 Wib.

“Mungkin Informasi yang saya dapat bahwa daerah ini masih baru dan penduduk pun masih sedikit, tapi ternyata Tubaba ini luar biasa, bahkan seperti bangunan Komplek Islamic Center ini sangat kontemporer sekali yang pernah saya lihat di Indonesia. Untuk wisata batu-batunya pun seperti benar-benar Megalithic sekali,” Kata Ari Rodenco.

Lanjutnya, pemikiran Bupati Tubaba memang sangat bagus sekali, bahwa dalam membangun daerah baru, maka yang menjadi perhatian juga adalah menggali budaya masa lalunya daerah tersebut, agar pembangunan bisa selaras dengan kebudayaan masyarakat aslinya.

Sementara itu, dikatakan Katsurakan, bahwa Kabupaten Tubaba ini memang benar-benar memiliki ciri khas tersendiri, dan ditambah lagi dengan keramahan masyarakatnya.

“Dari kegiatan Megalithic millenium Art ini, Saya merasa bahwa Tubaba ini memiliki era-era bebatuan yang menarik, dan Bupati ingin menemukan kembali kesenian asal Tubaba tersebut,” imbuhnya. (D/R)