TRANSLAMPUNG.COM–PANARAGAN. Dinas Peternakan (Disnak) Kabupaten Tulang Bawang Barat (Tubaba) Lampung, melalui tim Participatory Disease Surveillance and Response (PDSR) atau Tim Pelacak Penyakit dan Respon Cepat, membagikan desinfektan ke 6 Tiyuh (Desa), yang telah ditemukan beberapa kejadian kematian ternak ayam.

Hal tersebut disampaikan Kepala Bidang Kesehatan Hewan Desie Andriyani, SP, MM yang diwakili oleh Kasi Kesehatan Hewan Irwan Sutrisno, saat diwawancarai translampung.com pada Kamis (16/01/2020) pukul 16.05 Wib.

Dikatakan Irwan, ada beberapa kejadian kematian ayam di akhir Desember sampai awal Januari ini, yang gejalanya menyerupai berak putih dan tingkat kematiannya relatif sedikit.

“Pembagian Desinfektan ini, dilakukan untuk mencegah terjadinya kematian ayam baik yg disebabkan oleh virus maupun bakteri,” terangnya.

Adapun beberapa Tiyuh yang telah mengalami kematian pada ayam ternaknya diantaranya, Tiyuh Margomulyo, Margodadi, dan Tiyuh Karta Raharja, serta Kelurahan Dayamurni.

“Jadi perlu diketahui, penyakit yang menyerang ayam itu bukan hanya flu burung, karena pada kenyataan di lapangan banyak penyakit lain seperti ND, Pullorum, snot yang bisa menyebabkan kematian ternak. Sehingga diharapkan, dengan pembagian Desinfektan ini bisa mencegah kematian pada ayam,” imbuhnya. (D/R)