Oleh Aqua Dwipayana

Menteri Kesehatan Pak Terawan Agus Putranto sedang menghitung hari. Saya yakin dalam waktu dekat Presiden Jokowi bakal mengganti beliau,” ungkap saya spontan kepada seorang teman di Bandara Ahmad Yani Semarang pada Senin pagi (21/12/2020) lalu._

Teman itu yang bekerja di Lion Group sengaja menjemput saya di tangga pesawat Batik Air yang saya naiki. Saya spontan menyampaikan itu saat dia mengatakan bahwa saya dari Jakarta ke Semarang satu pesawat dengan Terawan dan rombongan.

Saat melihat Terawan di lounge Batik Air terminal 2 Bandara Soetta Tangerang Senin pagi kemarin, dalam hati saya berucap bahwa beliau bakal diganti.

“Pak Terawan sedang menghitung hari. Di antara para anggota kabinet, kinerja beliau termasuk yang kurang baik. Dampaknya dirasakan rakyat Indonesia,” kata saya dalam hati.

Kualitas Kerja Terawan Banyak Mengecewakan
Selama jadi menteri terutama saat pandemi Covid-19 terlihat secara nyata kualitas kinerja Terawan. Banyak yang mengecewakan. Tidak hanya dirasakan rakyat Indonesia tetapi juga Jokowi yang mengangkatnya jadi menteri.

Akibatnya berbagai nada sumbang tentang Terawan dan Kementerian Kesehatan sering muncul di media arus utama dan media sosial. Hal itu dari waktu ke waktu makin meningkat dan tidak bisa ditutup-tutupi.

Banyak masyarakat yang mengeluhkan kinerja Terawan. Apalagi mereka yang pernah mengalami sendiri terutama saat Pandemi Covid-19.

“Pak Aqua banyak tahu ya tentang hal itu. Saya tidak heran karena teman bapak banyak dan di mana-mana sehingga mendapatkan berbagai informasi A1 yang sangat layak dipercaya,” ungkap teman itu.

Dari pesawat ke terminal kedatangan, kami berjalan di belakangan Terawan. Banyak anggota rombongan dan para penjemputnya.

Sebelum melewati tempat pemeriksaan Kartu Kesehatan yang dijaga para petugas dari Kantor Kesehatan Pelabuhan, Terawan lebih dulu ke kamar mandi. Beberapa orang termasuk ajudan mendampinginya.

Setelah itu saat menuju pintu keluar terminal, Terawan dengan ramah sambil jalan agak cepat menyapa para petugas Kantor Kesehatan Pelabuhan yang merupakan jajarannya. Beliau menuju mobil yang sudah menunggu di luar terminal.

Semua yang Disampaikan jadi Kenyataan
Selasa siang kemarin (22/12/2020) ucapan saya terbukti. Sehari setelah saya menyampaikan spontanitas ke teman tersebut, semua yang saya sampaikan jadi kenyataan. Terawan termasuk dalam enam menteri yang diumumkan Jokowi untuk diganti. Penggantinya adalah
Budi Gunadi Sadikin.

Lima menteri lainnya adalah Menteri Sosial Tri Rismaharini menggantikan Juliari Batubara. Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono mengganti Edhy Prabowo.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno (sebelumnya, Wishnutama Kusbandio). Menteri Agama Yaqut Cholil Quomas (sebelumnya, Fachrul Razi). Terakhir Menteri Perdagangan M lutfi (sebelumnya, Agus Suparmanto).

Semoga kinerja keenam menteri itu lebih baik dari yang mereka gantikan. Aamiin ya robbal aalamiin…

Dari Yogyakarta menjelang silaturahim ke teman-teman, saya ucapkan selamat berusaha menunjukkan kinerja terbaik. Salam hormat buat keluarga. 06.30 23122020😃<<<