TRANSLAMPUNG.COM,KALIANDA – Antisipasi serta upaya pencegahan terhadap Virus Corona, Komado Distrik Militer (KODIM) 0421/Lampung Selatan bekerjasama dengan Dinas Kesehatan berikan sosialisasi kepada seluruh anggota.

Menurut Kristi endarwati, selaku Kabid (P2P ) Dinkes Lamsel menyampaikan
bahwa Virus Corona yang saat ini sedang mewabah belum diketumuka vaksi atau obat untuk penyebuhan penyakit yang tengah mewabah tersebut.

“Virus Corona ini, sampai sekarang belum ketumukan obatnya. Untuk itu, kami (Dinkes,res) menghimbau kepada bapak dan ibu yang hadir di sini untuk bisa menjaga Kesehatan di keluarganya nya masing masing,” kata Kristi dikegitan sosilisasi Virus Corona yang dihadiri langsung oleh Dandim 0421/LS, Letkol Kav Robinson Oktovianus Bisse dan seluruh jajaran di Makodim, Jumat (31/1/2020).

Hal yang sama juga dikatakan Dr .Diah Anjarini Dinkes Kab Lampung selatan, dijelaskanya bahwa Virus Corona sangat cepat mudah menularnya melalui pernapasan dan sangat cepat berkembangnya.

Dimana Virus Corona pertama kali terjadi dinegara Arab Saudi dan saat ini sedang mewabah di Negara Cina.

“Virus Corona bentuknya seperti matahari kalau di lihat di Laboratirum. Dokter dari negara manapun sampai saat ini belum mendapatkan obatnya terkait virus corona tersebut,” terangnya.

Dampak percepatan menjalarnya Virus tersebut dikatakannya, yaitu batuk, pernapasan yang menurut riwayat Asma Virus Corona di duga dari hewan jenis kelelawar.

“Sebagai pencegahan Virus Corona tersebut kita menerapkan hidup yang sehat. Seperti dengan berolah raga, pola makan yang bergizi, cuci tangan sebelum makan dan sesudah makan dengan sabun. Kemudian menutup mulut dan hidung jika batuk,dan tutup mulut dengan masker, serta hindari menyentuh hewan atau burung,” ujar Diah.

Sementara itu, Mayor Inf Agus W Kasdim 0421/LS mengatakan setelah mendapat sosialisasi ini seluruh anggota yang hadir mengikuti kegiatan ini, hendaknya menyampaikan kepada masyarakat dan keluarga tentang akan bahaya Virus Corana. Kemudian memberikan cara pencegahan kemasyarakat dan keluarga.

“Pada intinya, kitalah yang harus selalu menjaga tubuh kita dengan menerapkan pola hidup sehat,” pungkasnya.(Johan)