TRANSLAMPUNG.COM,KATIBUNG-Untuk meningkatkan rasa cinta tanah air dan wawasan kebangsaan, Babinsa Koramil 421-10 KTB jajaran Kodim 0421/Lampung Selatan melatih para Pramuka siswa-siswi  SMU/Sederajat.

Pelatihan tersebut, berlangsung di Makoramil 421-10 KTB, Sabtu (9/1/2021).

Menurut Danramil 421-10 KTB, Kapten Inf Sugeng Pamuji aat Setiap mengatakan, Pramuka Swk perlu diigalakkan dan selalu dibina, minimal 1 X seminggu. Dengan tujuan untuk sebagai wadah pembinaan karakter dan jatidiri melalui metode belajar dan bermain. Selain itu untuk menciptakan rasa cinta tanah air dan bela negara melalui pengetahuan dan pengamalan Pancasila dan UUD 1945.

“Latihan pramuka yang rutin dilakukan 1 x dalam seminggu, yaitu hari Sabtu merupakan pelajaran ekstrakurikuler sekolah. Materi yang diajarkan juga meliputi Peraturan Baris Berbaris (PBB) dan wawasan kebangsaan,” ujarnya.

Selain itu, dikatakan dia lagi, materi yang diajarkan juga meliputi Krida dalam Saka Wira Kartika, yaitu Krida Navrat, Krida Pioneer, krida Mountenering, Krida Survival dan Krida Penanggulangan Bencana Alam. Sehingga, kedepan para remaja mempunyai jati diri dan karakter yang kuat dan cinta tanah air.

“Para siswa sangat antusias mengikuti latihan ini, terlihat banyaknya siswa yang berdatangan mengikuti latihan. Ini membuktikan bahwa latihan tersebut, disukai oleh para siswa,” ungkapnya.

Untuk diketahui, para pembina Pramuka Saka Wira Kartika (SWK) yakni Anggota Koramil 421-10 KTB.
Terdiri dari Sertu Asis, Serda Rosadi,dan Serda Bagas.(Johan)