Lampung Barat – Pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Lampung Barat (Lambar) dalam waktu dekat akan mendapatkan hibah melalui program Bantuan Presiden Produktif dari Pemerintah Pusat sebesar Rp. 2,4 juta.

Bantuan tersebut akan di salurkan ke 800 UMKM yang tersebar di 15 Kecamatan kabupaten setempat, berdasarkan hasil verifikasi awal terkait jenis usaha dan tempat tinggal pelaku usaha.

Dikatakan Yudha Setiawan, Kepala Dinas Koperasi, UMKM, Perindustrian dan Perdagangan, Lampung Barat, dari jumlah yang di usulkan oleh tim verifikasi untuk mendapatkan hibah tersebut sebanyak 5.800 hanya 800 UMKM yang lolos nilai verifikasi oleh pemerintah pusat.

Hasil verifikasi awal, penerima bantuan tahap pertama sebanyak 1.500 pelaku UMKM. Jumlah tersebut berasal dari Lampung Barat dan Pesisir Barat (Pesibar).

“Sedangkan untuk pelaku UMKM yang berdomisili di Lampung Barat kuotanya sebanyak 800 UMKM,” jelasnya.

Kementerian Koperasi dan UMKM akan menghubungi langsung para penerima bantuan hibah tersebut. Kriterianya bukan PNS, TNI dan Polri dan Belum pernah menerima kredit bank dan belum pernah menerima fasilitas kredit seperti kredit usaha rakyat (KUR).

Mengenai mekanisme penyaluran bantuan, Yudha, memastikan dana hibah tersebut akan disalurkan melalui BRI dan BNI.
“Diharapkan dengan adanya bantuan tersebut dapat bermanfaat untuk pelaku UMKM dalam peningkatan usahanya di tengah pandemi Covid-19 ini,” pungkasnya. (Safri)