PANARAGAN (translampung.com)– Pemerintah Pusat melalui PT.PLN (Persero), mengumumkan pemberian subsidi berupa diskon tarif listrik kembali diperpanjang selama tiga bulan dari April hingga Juni 2021.

Hal tersebut diungkapkan Dwika, Supervisor Transaksi Energi dari PLN Rayon Pulung Kencana, Kabupaten Tulangbawang Barat (Tubaba) Lampung, kepada translampung.com, Selasa (09/3/2021) pukul 09.05 Wib.

“Berdasar surat Direktorat Jenderal Ketenagalistrikan Nomor B-467/TL.04/DJL.3/2021 tanggal 2 Maret 2021, tentang perpanjangan subsidi tersebut untuk Triwulan ke II, yang mana Program tersebut adalah upaya pemerintah dalam meringankan beban ekonomi masyarakat di tengah Pandemi Covid 19.” Terangnya.

Namun, lanjut dia, pada perpanjangan kali ini, Program subsidi tersebut mengalami penurunan tarif diskon, jika sebelumnya untuk daya 450 VA mendapat diskon 100 persen dengan ketentuan batasan kWh yang digunakan sebesar 324 kWh, maka pada Triwulan II tahun 2021 ini hanya mendapat diskon 50 persen.

“Sedangkan untuk daya 900 VA dengan ketentuan batasan 648 kWh sebelumnya mendapat diskon 50 persen, kini turun menjadi 25 persen saja.” Ungkapnya.

Ketentuan tersebut tentunya sudah dipertimbangkan dengan situasi kondisi yang ada, dan merupakan hasil dari rapat koordinasi 3 Menteri, yakni, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral, Menteri Keuangan, dan Menteri BUMN.

“Dari hasil itu, maka ditetapkanlah ketentuan tersebut bagi pelanggan Rumah Tangga, Bisnis dan Industri, baik prabayar maupun pascabayar. Dengan demikian, diharapkan masyarakat dapat mengetahui kebijakan baru ini, sehingga tidak bertanya-tanya lagi mengapa subsidi listrik tersebut berkurang pada perpanjangan 3 bulan kedepan.” Imbuhnya. (D/R)