Lampung Barat – Kecamatan Balik Bukit, Kabupaten Lampung Barat (Lambar) berstatus Zona Merah, 10 Pekon dan satu Kelurahan diminta segera aktifkan Posko Covid-19.

Dikatakan Camat Balik Bukit, Edi Jaya Saputra, sesuai dengan instruksi Bupati Parosil Mabsus, nomor 01 tahun 2021 tentang Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) berbasis Mikro.

Mengait status Zona Merah katagori resiko tinggi dengan kriteria jika terdapat lebih dari 10 rumah dengan kasus konfirmasi positif dalam satu pemangku selama tujuh hari terakhir.

Untuk dilakukan pengendalian atau pencegahan agar tidak semakin merebaknya pamdemi tersebut dengan pemberlakuan PPKM dari tingkat paling bawah yakni pemangku atau lingkungan.

Misalanya, “menemukan kasus suspek atau pelacakan dari kontak erat agar segara melakukan isolasi mandiri yang terpusat dengan pengawasan ketat ihwal dari pekon,” ucapnya.

Kemudian, mantan Sekertaris Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwista, Edi Jaya, menjelaskan, agar pekon atau kelurahan untuk menutup tempat ibadah, tempat bermain anak dan tempat umum lainnya kecuali sektor esensial contoh pasar tradisyonal.

Lalu, melarang kerumunan lebih dari tiga orang dan membatasi keluar masuk wilayah pemangku maksimal hingga jam
20.00 Wib. Meniadakan kegiatan sosial masyarakat yang menimbulkan kerumunan dan berpotensi menimbulkan penularan.

Memantau segala aktivitas warga yg berpotensi menimbulkan keramaian dan kerumunan untuk diingatkan terkait kondisi Zona Merah Kecamatan Balik Bukit.

Sehinga pihaknya meminta pekon dan kelurahan untuk segera mengaktifkan posko Covid-19 dalam upayan Preventif (Pencegahan). Juga “selalu berkoordinasi dengan pihak terkait yakni Babinkamtibmas, Babinsa, Puskesmas dan pihak Kecamatan karena apabila ada hal-hal mendesak yang harus diambil tindakan,” pungkasnya. (Safri)