TRANSLAMPUNG.COM–PANARAGAN. Sebagai salah satu upaya menyiapkan lulusan yang siap kerja, SMK Muhammadiyah Tumijajar Kabupaten Tulang Bawang Barat (Tubaba) Lampung, membuka Cafe di Sekolahnya.

Dikatakan Syamsul Hidayat, selaku Kepala Sekolah SMK tersebut, bahwa kami membuat program dengan membuka Cafe sebagai salah satu metode pembelajaran untuk jurusan Tata Boga, sekaligus pembentukan karakter entrepreneur.

“Kita buka Cafe ini pada 14 Desember 2019, dengan nama The Coffee. Adapun yang dikelola yakni membuat dan menjual Kopi asli Lampung olahan sendiri dengan cara disangrai tradisional, karena cita rasanya lebih lezat,” kata Syamsul didampingi Ansyori selaku Konsultan Cafe tersebut, saat diwawancarai translampung.com pada Senin (27/01/2020) pukul 12.55 Wib.

Selain Kopi, lanjut Syamsul, kita juga membuat makanan Bakery, Brownies dan Pizza, yang dikelola oleh suatu Management kecil yang kita bentuk, yang terdiri dari Guru dan siswa-siswi. Sehingga mulai dari pembuatan, packing dan penjualan semua diajarkan.

“Adapun Brand semua produk SMK ini, namanya diawali dengan TO ME, seperti TO ME Coffee, TO ME Bakery, dan lainnya. Adapun harganya untuk Kopi Rp 20 Ribu, Bakery Rp 5 Ribu, dan Pizza Rp 7 Ribu,” terangnya.

Dan Cafe ini, kata Syamsul, terbuka untuk umum, sehingga tidak hanya siswa-siswi, tetapi juga dari luar bahkan dari Polres pun sudah beberapa kali berkunjung dan memesan disini.

“Sampai saat ini, produk yang kita buat sudah ada yang dijual ke luar daerah. Sehingga besar pula harapan, agar kedepan tentunya bisa terus berkembang, tidak hanya di Tata Boga, tetapi di lain juga seperti untuk otomotif,” imbuhnya. (D/R)