TRANSLAMPUNG.COM,KALIANDA-Melalui 4 jalur, Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) jenjang SMAN 2 tahun ajaran 2020/2021, khususnya di Kabupaten Lampung Selatan dilakukan secara online.

Kepala SMAN 2 Kalianda, Rahmat saat dikonfirmasi translampung.com mengatakan, untuk proses PPDB ada 4 jalur di tahun ini.

“Tahun ini ada 4 Jalur, yakni jalur Zonasi Murni, Prestasi, jalur Pindah Tugas Orang Tua, dan jalur Afirmasi atau keluarga kurang mampu. Yang diterapkan di SMAN atau SMKN, berdasarkan arahan dari Provinsi dan Pusat,” terangnya, Senin (15/6/2020).

Mengingat sedang dalam situasi Pandemi Covid 19, lanjut dia, maka PPDB di tahun ini harus secara online, yang terhitung sejak tanggal 15-18 Juni 2020, dan akan diumumkan pada tanggal 22 Juni 2020.

“Pendaftaran maupun pengumuman, dapat diakses melalui Website SMA masing-masing, dan jika diterima, maka akan dilakukan penyerahan berkas oleh Wali Murid pada jadwal selanjutnya,” paparnya.

Adapun untuk persentase penerimaan dari jalur tersebut, jelas dia, yakni, 50 Persen jalur Zonasi, 30 Persen jalur Prestasi, 15 Persen jalur Afirmasi, dan 5 Persen jalur Pindah Tugas Orang Tua.

“Diharapkan kepada Wali dan calon siswa, agar melakukan pendaftaran sesuai prosedur dan kejujuran, seperti jika dari Afirmasi harus ada tanda bukti seperti Fotocopy penerima bantuan Program Keluarga Harapan (PKH), Kartu Indonesia Pintar (KIP), dan lainnya. Begitupun jika melalui Zonasi, harus sesuai domisili alamat Kartu Keluarga,” pungkasnya. (Johan)