Oleh: Aqua Dwipayana

Silakan kalau mau menulis tentang bantuan yang saya berikan. Cuma tolong nama saya tidak ditulis. Biarlah yang tahu hanya kita dan TUHAN.

Itulah pesan yang saya sampaikan ke orang-orang yang saya bantu. Saat memberikan bantuan niat saya sepenuhnya ibadah, karena TUHAN.

Selain itu untuk menyemangati mereka agar terus berkarya dan mengembangkan usahanya. Meski bantuan yang saya berikan relatif kecil namun diharapkan bisa jadi penyemangat buat yang dibantu.

Beberapa orang yang mendapat bantuan saking semangatnya spontan mengatakan mau menuliskannya dalam bentuk artikel. Sebagai ungkapan rasa syukur kepada TUHAN dan terima kasih kepada yang membantu.

Saya menghargai spontanitas dan niat baik mereka. Pesan saya cuma satu yakni silakan ditulis tanpa menuliskan nama saya.

Beberapa di antara mereka ada yang menyampaikan argumentasinya. Ingin menuliskan nama saya untuk memotivasi orang lain agar melakukan hal serupa bahkan lebih dari itu.

Membantu dengan Ikhlas Membuat makin Semangat Berkarya
Bagi saya yang utama bukanlah siapa membantu siapa dan apa yang diberikan. Paling penting memberi bantuan ke sesama yang sedang membutuhkan dengan ikhlas.

Mengenai nilainya relatif. Terpenting melakukannya dengan ikhlas dan orang yang menerima bantuan merasakannya secara langsung manfaatnya.

Selain itu membuat mereka makin bersemangat untuk berkarya. Sehingga karya-karyanya bisa dinikmati banyak orang. Ini adalah amalan yang dapat dirasakan sepanjang masa.

Saya berdoa dan berharap agar semua kebaikan itu terus menular. Mereka yang menerimanya, sesuai kemampuannya tergerak untuk melakukan pada orang lain. Begitu seterusnya sehingga makin banyak orang yang merasakannya.

Semua orang setiap saat bisa berbuat kebaikan. Wujudnya beragam. Asal ada kemauan melakukannya yakinlah ada jalan untuk mewujudkannya.

Semoga makin banyak orang yang tanpa pamrih membantu sesama yang membutuhkannya. Aamiin ya robbal aalamiin…

Dari Bogor saya ucapkan selamat membantu sesama sesuai kemampuan masing-masing. Salam hormat buat keluarga. 19.15 24112020😃<<<