TRANSLAMPUNG.COM, BANDARLAMPUNG- Lurah kelurahan Gedong Air kecamatan Tanjung Karang Barat (TKB) Sharil Iskandar meminta kepada seluruh warganya untuk bekerjasama dan saling bersinergi untuk melaksanakan pembangunan di kelurahan Gedong Air.

Hal ini diungkapkan Sharil Iskandar saat menghadiri Musyawarah Perencanaan Pembangunan Kelurahan (Musrenbangkel) anggaran tahun 2020 yang di laksanakan di Aula Kantor Kelurahan setempat, Senin (27/1/2020). 

Menurut Sharil bahwa sesuai dengan program Pemerintah Kota Bandar H.Herman HN, untuk mewujudkan pembangunan khusunya di kelurahan Gedong Air sejumlah perencanaan pembangunan tengah digodok oleh Pemerintah Kelurahan Gedong Air bersama warga setempat. 

“Nah,yang kita bahas dalam Musrenbangkle ini terkait ketersediaan infrastruktur. Misalnya, perencanaan pembangunan jalan di masing- masing RT yang ada di kelurahan Gedong Air,”kata Sharil Iskandar.

Lebih lanjut menurut ketua Porum Lurah Kecamatan TKB ini bahwa Visi dan Misi Musrenbang ini adalah pengembangan pembangunan, kesejahteraan masyarakat, dan pemerataan pembangunan di masing-masing RT.

“Selain membahas tentang program fisik kita juga mencoba membangun Sumber Daya Manusia (SDM) yang ada di Kelurahan Gedong Air, baik warga maupun aparat di kelurahan ini ,”ucapnya.

“Kenapa perlunya pembangunan SDM agar tujuanya untuk menunjang pembangunan,apabila manusianya tidak diperbaiki, maka pembangunan pun tidak akan berjalan maksimal,”tambahnya.

Sementara selaku Ketua Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Kelurahan Gedong Air, DR. Ambia, SE, M.Si mengatakan, Musrenbang adalah program awal dari penentuan apa yang mau dibangun kedepanya.

“Melalui Musrenbangkel kita bisa sama – sama bermusawarah dan curah pendapat apa yang mau dibangun, makanya perlu ada skala prioritas,”jelasnya.

Ia juga menjelaskan bahwa  dalam arahannya adalah pilih prioritas pembangunan apa yang memberikan manfaat untuk masyarakat, sehingga apa yang diprogramkan memenuhi azas manfaat, azas pemerataan. 

“Tujuannya,ini supaya perencanaan pembangunan sesuai dengan keinginan masyarakat. Sehingga apa yang direncanakan dan dilaksanakan memberikan manfaat bagi masyarakat Gedong Air,” paparnya.

Dijelaskan oleh Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Lampung ini bahwa adapun usulan dalam Musrenbangkel yang di laksanakan ini diantaranya, pembangunan sumur bor, drainase, tempat pertemuan, sarana dan prasarana posyandu, pembangunan puskeskel serta ketersediaan dokter untuk memberikan pelayanan kesehatan bagi masyarakat.

“Harapan saya, apa yang menjadi usulan masyarakat dapat dianggarkan oleh Pemerintah Kota Bandar Lampung, dan dapat terlaksana sesuai harapan masyarakat, khususnya warga Kelurahan Gedong Air,” tegasnya.

Senada, Basuki salah seorang kepala lingkungan (kaling) juga berharap, dengan adanya Musrenbangkel apa yang menjadi usulan warga di tingkat RT dapat terealisasi.

“Harapan dan keinginan warga sih semua usulan terealisasi, agar Kelurahan Gedong Air tambah maju, pembangunan merata, dan hasil pembangunan pun dapat dirasakan warga,” ujar Basuki.

Diketahui dalam acara Musrenbangkel ini diharidir oleh Camat Tanjungkarang Barat Norcahyo,Lurah Gedong Air, Sharil Iskandar, Ketua LPM Gedong Air, DR. Ambia, SE, M.Si, Kepala Puskesmas Rawat Inap, perwakilan Bappeda Kota Bandar Lampung Ekasari Musa dan Siti Dewi Oktaviani, dan ketua Kaling serta dihadiri 39 RT se-Kelurahan Gedong Air kecamatan TKB.(*/ydn).