TRANSLAMPUNG.COM,BANDARLAMPUNG- Keberadaan proyek peningakatan di JL Beruang RT 03 Lingkungan II Kelurahan Sukamenati Kecamatan Kedaton kota Bandarlampung, menuai protes dari beberapa masyarakat yang tinggal di Kelurahan Sukamenati khusunya masyarakat yang tinggal di sekitaran jalan Beruang kelurahan tersebut.

Adanya kritikana atau protes dari beberapa masyarakat ini lataran keberdaan proyek di jl Beruang ini di duga tidak sesuai apa yang diharapkan oleh masyarakat.Karna dari hasil perbaikan jalan di likungan ini terlihat aspal yang di gunakan oleh pihak kontraktor sangat tipis, sehingga masyarakat khawatir natinya akan terjadi kerusakan kembali.

“Kalau proyek seperti ini kesanya di kerjakan asal -asalan.Kita lihat secara kasamata saja pengespalanya tidak rata, dan kelihatan bener sangat tipis.Dan saya berharap kepada pihak Dinas PU agar jangan di PHO dulu ,”ucap salah satu warga Sukamenti yang enggan namanya di tulis ini, Senin (06/04/2020).

Dirinya menjelaskan bahwa kerusakan jalan Berung RT 03 lingkungan 2 di kelurahan Sukamenti ini memang sudah lama terjadi, namun baru tahu ini adanya perbaikan.Dan sudah tentu adanya perbaikan jalan ini masyarakat sangat mengharapkan pihak kontraktor mengerjakanya secara maksimal agar tidak mudah rusak.

“Kerusakan di jalan Beruang ini sudah hampir 13 tahun , jadi wajar kalau tahun ini ada perbaikan dan masyarakat memprotes adanya pekerjaan ini lataran aspal yang di gunakan sangat tipis,”tegasnya.

Ditambahakan oleh ketua RT 03 Kelurahan  setempat, Eko bahwa dirinya mengharapkan dalam pekerjaan ini harus di laksanakan dengan masksimal dan dinkerjakan sesui dengan RAB yang sudah di tentukan .

“Saya selaku ketua RT sangat berterimakasih kepada Dinas PU PR Kota Bandarlampung yang telah melakukan perbaikan jalan ini tapi saya berharap pekerjaan di bisa di kerjakam dengan maksimal ,”kata Eko.

Sementara itu saat di konfirmasi  selaku koordinator para pekerja dalam proyek tersebut Danang, menegaskan bahwa pihaknya sudah melakukan apa yang ada sesuai dengan Rencana Anggaran Biaya (RAB) dalam proyek tersebut.

“Apa yang kita lakukan sudah mengikuti RAB yang ada,jadi itulah hasilya ,”kata Danang saat di hubingi translampung.com.

Dirinya juga mengakui bahwa keberadaan jalan tersebut memang sudah 13 tahun mengalami kerusakan dan baru tahun ini di lakukan perbaikannya karna selama 13 tahun lalu dirinya juga ikut melakukan perbaiakan di jalan tersebut.

“Memang 13 tahun lalu saya juga ikut memperbaiki jalan itu,”kata Danang melalui sambungan Whatsapp nya.

Lebih lanjut Danang juga mengatakan jika memang harus di lakukan secara maksimal dalam perbaikan di jalan tersebut ,tentunya harus di adakan dengan sistim tender bukan proyek Penunjukan Langsung (PL).

“Pekerjaan ini kan PL seharusnya  dalam pekerjaan ini diadakan dengan sistim tender,”jelasnya.

Berdasarkan keterangan plang proyek yang ada bahwa proyek peningkatan  di Jl Beruang RT 03 Linkungan II  Kelurahan Sukamenati Kota Bandarlampung milik Dinas Pekerjaan Umum (PU ) Kota Bandarlampung yang bersumber dari APBD tahun 2020,dengan nilai pagu Rp 199.130.000.00.Dan selaku kontraktor dalam kegiatan ini di kerjakan oleh CV Panducipta Selaras.

Sampai berita ini di turunkan pihak kontraktor dalam kegiatan ini belum bisa di konfirmasi, terkait adanya protes dari masyarakat kelurahan Sukamenati atas realisasi dalam pekerjaan tersebut.Begitu juga dengan pihak Dinas PU kota Bandarlampung belum bisa di mintai keterangan, (ydn).