TRANSLAMPUNG.COM,PESAWARAN-Untuk menanggulangi banyaknya matrial dan lumpur pasca dilanda banjir bandang,Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Pesawaran menambah alat berat mini exavator.

Menurut Sekertaris Daerah (Sekda ) Pesawaran Kesuma Dewangsa bahwa penambahan exsavator mini ini gunaya untuk membantu membersihkan matrial lumpur di sepanjang jalan desa supaya bersih dari lumpur akibat banjir bandang.

“Sebelumnya itu kita sudah turunkan alat berat untuk membersihkan material dan lumpur.Nah,hari ini ada tambahan alat berat mini exavator dari dinas PUPR Provinsi Lampung,”kata Kesuma Dewangsa, Jum,at (24/01/2020).

Kesuma Dewangsa juga menerangkan bahwa kegitan bersih -beraih lupur ini kita laksanakan ditiga kecamatan yakni Gedong Tataan,Negeri Katon dan Way Lima. Namun, terpantau yang terparah adalah di Desa Begelen Kecamatan Gedong Tataan.

“Nah,inilah bentuk kepedualian yang kita lakukan kepada maysarkat yang terkena musibah dengan menurunkan alat berat dan memberi bantuan sembako kepada masyarakat ,”ucapnya.

Dirinya juga mejelskan bahwa kegiatan hari ini selain menambah alat berat mini exsavator hari ini (jum,at red) pihak pemda terus membagikan bantuan  kepada korban banjir yang dilakukan di Balai Desa Kagungan Ratu Kecamatan Negeri Katon yang kemudian dilanjutkan dengan peninjauan kerumah-rumah warga yang terdampak bencana banjir tersebut.

“Tadi kita lakukan pemberian bantuan alat kesehatan, bantuan makanan atau nasi bungkus,  bantuan Mie Instan, bantuan air mineral dan bantuan peralatan mandi,”kata Kesuma.

Berdasarkan pantauan translampung.com ada banyak bantuan yang di distribusikan  Pemda Pesawaran berupa Mie Instan 30 dus dan Air mineral 30 dus, dari Dinas Sosial Kabupaten Pesawaran berupa Beras 10 Karung, Mie Instan 10 dus dan Roti 18 Paks. Kemudinan, dari BPBD Kabupaten Pesawaran yakni Mie Instan 10 dus dan Air Mineral 10 dus. Ditambah bantuan dari TP-PKK Kababupaten Pesawaran yang juga terjun kelokasi  memberikan makanan atau nasi bungkus 200 bungkus serta peralatan mandi.

Diketahui dalam kegitan pendiatribusian sembako dan kegitan bersih-bersih yang di lakukan oleh pemda pesawaran ini dihadiri oleh Sekda Pesawaran  Kesuma Dewangsa, Heriansyah (Asisten Administrasi Umum Pemkab. Pesawaran), Mustari  (Kepala BPBD Pesawaran), Yulizar (Kadis Sosial), Effendi (Kasat Pol PP Pesawaran), Firman Rusli (Kadis PU Perkim), Zainal Fikri (Kadis PUPR), Anca Marta Utama (Kadis Pertanian), Sopyan Agani (Kadis Lingkungan Hidup), Harun Tri Joko  (Kadis Kesehatan), Rahmatulloh (Camat Negeri Katon), serta Tim Kesehatan dari Puskesmas Kalirejo.(*/ydn)