TRANSLAMPUNG.COM, NEGERI BARU – Sekretaris Daerah Provinsi Lampung Fahrizal Darminto menarik tirai papan nama sebagai tanda diresmikannya kecamatan Umpu Semenguk menjadi Kecamatan termuda di kabupaten Way Kanan dihalaman parkir Eks.RSUD Zainal Abadin Pagar Alam, kampung Negeri Baru, Kamis (02/07/2020).

Dalam sambutannya Sekdaprov Lampung menerangkan bahwa, terbentuknya Kecamatan Umpu Semenguk selain karena telah memenuhi ketentuan persyaratannya, juga berkat dorongan semua pihak, termasuk tokoh masyarakat, terutama pemerintah kabupaten Way Kanan.

“Setiap kali bertemu Bapak Gubernur Lampung, Pak Bupati Way Kanan selalu menyinggung masalah pemekaran kecamatan Umpu Semenguk. Hal inilah yang membuat saya hadir disini mewakili Bapak Gubernur untuk meresmikan terbentuknya kecamatan Umpu Semenguk, yang merupakan pemekaran dari kecamatan induknya Blambangan Umpu. Kini kecamatan Umpu Semenguk menjadi kecamatan termuda, melengkapi jadi 15 kecamatan”, ujarnya.

Sementara itu Bupati Way Kanan Raden Adipati Surya memaparkan bahwa, keinginan memekarkan kecamatan Blambangan Umpu sudah dilakukan sejak lama. Bahkan menurut Bupati, saat dirinya masih menjadi anggota DPRD Way Kanan dan menjabat Ketua Komisi I. Pemerintah kabupaten Way Kanan dan DPRD kabupaten Way Kanan kala itu berencana akan memekarkan Dua kecamatan, yakni Kecamatan Blambangan Umpu dan kecamatan Pakuanratu.

“di kecamatan Pakuanratu akan dibentuk kecamatan Barasakti, sedangkan di kecamatan Blambangan Umpu akan dibentuk kecamatan Umpu Semenguk. Berdasarkan ketentuan yang ada, akhirnya hanya kecamatan Umpu Semenguk yang baru bisa kita upayakan keberadaannya. Atas nama pemerintah kabupaten Way Kanan saya mengucapkan terima kasih sebesar besarnya, atas apresiasi dan dukungan semua pihak, sehingga kecamatan Umpu Semenguk ini bisa berdiri, untuk lebih mempersingkat rentang kendali jalannya roda pemerintahan antara kampung dengan kecamatan”, imbuh Bupati Adipati. (Yudi)