TRANSLAMPUNG.COM,PESAWARAN- Sebanyak 78 peserta calon Panitia Pemungutan Suara (PPS) yang berasal dari 11 desa yang ada di kecamatan Punduh Pedada Kabupaten Pesawaran mengikuti seleksi tes tertulis yang dilaksanakan di GSG Desa Banding Agung Kecamatan Punduh Pedada,Rabu,(04/03/2020).

Menurut ketua Penitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Kecamatan Punduh Pedada M.Zein Ali Azmi bahwa para peserta calon PPS yang mengikuti tes tertulis ini natinya akan di ambil 6 besar berdasarkan nilai yang di peroleh saat mengikuti tes tertulis.Setelah itu akan dilaksanakan tes wawancara dan natinya dari hasil tes wawancara akan di ambil 3 peserta yang lolos untuk di tugaskan di masing -masing desa yang ada di wilayah kecamatan Punduh pidada.

“Dari 6 besar yang di ambil maka akan dilakukan tes wawancara yang akan di laksanakan pada tanggal tanggal 11-13 Maret 2020, karna pihak KPU meminta paling lambat tanggal 6 maret sudah ada hasil laporan ke kapu terkait hasil tes ini,”kata M.Zein Ali Azmi saat di konfirmasi wartawan translampung.com di GSG Desa Banding Agung.

M.Zein Ali Azmi  juga menjelaskan bahwa para peserta PPS yang mengikuti pendapataran di KPU Pesawaran awalnya berjumlah 48 peserta,namun saat di lakukan selesksi pemberkasan di KPU Pesawaran ada salah satu peserta yang di nyatakan gugur lataran pemberkasanya tidak memenuhi persaratan, jadi yang lolos pemberkasan berjumlah 83 peserta.

“Nah,hari ini (Rabu red) peserta yang mengikuti tes tertulis seharusnya berjumlah 83 peserta, namun yang mengikuti tes tertulis ada 78 peserta karna ada lima orang yang tidak mengikuti tes,”ucapnya.

Dirinya juga menjelaskan bahwa dalam tes tertulis yang di ikuti peserta calon PPS harus mengerjakan kisi -kisi sebanyak 50 soal pilihan ganda,dan dalam soal -soal yang di kerjakan ini terkait pengetahun tentang wilayah dan UUD KPU.

“Nah dari beberapa soal itu peserta tes harus mempunya pengetahun tentang  kewilayahan dan UUD KPU,”ucapnya.

Diketahui dalam pelaksanaan tes tulis di hadiri oleh beberapa setap KPU Pesawaran, anggota PPK, anggota Pancawascam,dan selurh peserta calon PPS dari 11 Desa yang ada di Kecamatan Punduh Pedada.dan setelah selesai melaksanakan tes tulis pihak KPU dan PPK bersama anggota panwascam melaksanakan pemusnahan soal tes tersebut, (ydn).