TRANSLAMPUNG.COM,BAKAUHENI-Satuan tugas (satgas) TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-108 tahun anggaran 2020 Kodim Lampung Selatan, nyaris tak ada bedanya dengan masyarakat yang terlibat dalam program tersebut.

Seperti biasa, sebelum melaksanakan kegiatan fisik, satgas dan masyarakat melaksanakan apel pagi, yang secara rutin dilaksanakan setiap hari.

Pada apel kali ini, Sabtu (4/7/2020), dipimpin langsung oleh Komandan SSK TMMD ke-108 Kodim 0421/Lampung Selatan Kapten Inf Rudi Teguh yang bertugas sebagai Danramil 421-03/Penengahan.

Kapten Rudi menjelaskan, apel tersebut dilaksanakan untuk mengecek jumlah personil, sekaligus dijadikan sarana untuk menyampaikan informasi.

“Apel pagi kita laksanakan setiap hari. Selain untuk mengecek personil, kita manfaatkan momen ini untuk pembagian tugas yang akan dilaksanakan,” kata dia.

Menurutnya, dengan adanya apel pagi tersebut, masyarakat juga akan mulai terbiasa untuk hidup disiplin.

“Kita harapkan nantinya dapat diaplikasikan dalam kehidupan mereka sehari-hari,” kata Kapten Rudi.

Dari segi lain, apel pagi ini juga, untuk mengetahui agar pekerjaan yang dilaksanakan dapat berjalan secara terarah dan terukur, sesuai dengan rencana yang ditentukan.

“Personel Satgas TMMD bersama masyarakat melaksanakan apel pagi di sektor kerja masing masing yang sudah ditentukan, dengan harapan dapat mengerti dengan tugas yang akan dikerjakan di lokasi,” tegasnya.

Ia pun menyampaikan, saat ini pekerjaan pada program TMMD 108 Kodim 0421/Lampung Selatan di Desa Hata dan Klawi adalah melanjutkan pekerjaan pembuatan 2 jembatan utama, siring dan pekerjaan tambahan berupa penanaman pohon trembesi dan kedondong hutan.

“Lokasinya, di tebing jalan yang sedang dibuat sepanjang 1.100 meter, dengan maksud untuk menjaga agar timbunan jalan tidak longsor,” pungkasnya.(Johan)