MESUJI – Setelah sekian lama menjadi wacana yang menimbulkan teka-teki di kalangan pejabat dan Aparatur Sipil Negara (ASN) dilingkup Pemerintah Kabupaten Mesuji. Akhirnya gerbong mutasi pejabat dilingkup Pemkab setempat, benar-benar dilakukan. Kali ini, Bupati Mesuji Saply. TH., resmi melantik Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama dan Pejabat Administrator di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Mesuji di Aula kantor Bupati Mesuji, Kamis (28/1).

Pelantikan tersebut berdasarkan atas keputusan Bupati Mesuji nomor KP.03.02/261/V.03/KPTS/MSJ/2021
Tanggal 27 Januari 2021 tentang
Pemberhentian dan Pengangkatan Aparatur Sipil Negara dalam Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Mesuji

Saply menyampaikan bahwa pelantikan Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama yang dilaksanakan pada hari ini, berdasarkan hasil Uji Kompetensi Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama Pemkab Mesuji. Sedangkan, pada pelantikan Pejabat Administrator didasarkan atas hasil penilaian yang dilaksanakan Tim Penilai Kinerja Kabupaten Mesuji.

“Dengan telah ditetapkannya Perda Mesuji Nomor 6 Tahun 2020 tentang Pembentukan dan Susunan Perangkat Daerah Kabupaten Mesuji dan Peraturan Bupati Nomor 55 Tahun 2020 tentang Struktur Organisasi, Tata Kerja, Tugas Pokok, dan Fungsi Perangkat Daerah Kabupaten Mesuji ini, terjadi perubahan nomenklatur perangkat daerah di lingkungan Pemkab Mesuji,” katanya.

Untuk itu, sambung Saply, perlu dilakukan Uji Kompetensi bagi Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama dan Tahapan Penilaian bagi Pejabat Administrator dalam rangka penataan dan pengisian jabatan di lingkungan Pemkab Mesuji yang dilakukan beberapa waktu lalu, dengan berpedoman pada Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara dan Peraturan Pemerintah Nomor 11 Tahun 2017 tentang Manajemen Pegawai Negeri Sipil.

“Perlu saya tekankan, pada kesempatan ini, pemilihan dan penempatan pejabat pada suatu instansi didasarkan atas kemampuan dan kompetensi yang dimiliki seorang pejabat,” ucapnya.

Menurutnya, Peralihan tugas di lingkungan instansi pemerintah merupakan hal biasa. Ini berguna pembenahan dan pemantapan organisasi dalam rangka meningkatkan kinerja penyelenggaraan tugas dan pelayanan umum kepada masyarakat.

“Saya mengajak kita semua untuk senantiasa meningkatkan kedisiplinan dan produktivitas kinerja. Selain itu, juga sebagai seorang Aparatur Sipil Negara harus memahami dan mematuhi peraturan perundang-undangan berkaitan dengan tugas pokok dan fungsi jabatan agar terhindar dari kesalahan. Mari kita senantiasa memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat, meskipun masih dalam suasana pandemi Covid-19 dengan tetap senantiasa menerapkan protokol kesehatan,” pungkasnya.(nara)

Berikut Daftar nama-nama Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama yang dirolling

  1. Budiman Nainggolan.SKM, jabatan lama Staf Ahli Bidang Ekonomi Pembangunan dan Kesejahteraan Rakyat Kabupaten Mesuji, jabatan baru Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Mesuji.
  2. Hamdani, jabatan lama Staf Ahli Bidang Hukum Dan Politik Kabupaten Mesuji, jabatan baru Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip.
  3. Nawawi Matni, Jabatan lama Asisten Bidang Administrasi Umum Sekretariat Daerah Kabupaten Mesuji, jabatan baru kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Mesuji.
  4. Agus Haryanto, Jabatan lama Kepala Dinas perhubungan Komunikasi dan Informatika Kabupaten Mesuji, jabatan baru Asisten Bidang Administrasi Umum Sekretariat Daerah Kabupaten Mesuji.
  5. Yudhi Santoso Jabatan lama kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Mesuji, jabatan baru Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kabupaten Mesuji.
  6. Basis Sabki, jabatan lama Kepala Dinas Koperasi UKM Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Mesuji, jabatan baru Kepala Dinas Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Mesuji.
  7. Huminsa Lubis, jabatan lama Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kabupaten Mesuji, jabatan baru Staf Ahli Bidang Pemerintahan Hukum dan Politik Kabupaten Mesuji.
  8. Sunardi.SE, jabatan lama Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa DPMD Kabupaten Mesuji, jabatan baru Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Mesuji.
  9. Gunarso, jabatan lama Kepala Dinas Sosial Kabupaten Mesuji, jabatan baru Kepala Dinas Ketahanan Pangan kabupaten Mesuji.
  10. Ripriyanto jabatan lama Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Kabupaten Mesuji, jabatan baru Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Mesuji.
  11. Najmul Fikri jabatan lama Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Kabupaten Mesuji, jabatan baru Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Mesuji.
  12. Syahril jabatan lama Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Mesuji, jabatan baru Staf Ahli Bidang Ekonomi Keuangan Pembangunan Kabupaten Mesuji.
  13. Elvita Krisnawati jabatan lama Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik, jabatan baru Kepala Dinas Koperasi, UKM, Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Mesuji.

Jabatan pejabat Administrator yang di rolling

  1. Taufik Widodo jabatan lama Sekretaris Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu, jabatan baru Camat Mesuji.
  2. Iwan Rifai jabatan lama Camat Mesuji jabatan baru Inspektur Pembantu.