TRANSLAMPUNG.COM, TANGGAMUS – Pertandingan sepakbola Liga 3 2020 diprediksi kick off November mendatang. Untuk menghadapi laga itu, Asosiasi Kabupaten (Askab) Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) Tanggamus melakukan seleksi ketat para calon pemain U-21 yang bakal merumput.

Ketua Askab PSSI Tanggamus, Iskandar Juned menjelaskan, para punggawa U-21 yang bakal merumput di Liga 3 2020 adalah putra-putra terbaik Tanggamus. Dengan demikian, seleksinya pun tak sembarangan.

“Saat ini sudah seleksi tahap II. Seleksi I, dari 120 calon pemain, ada 26 orang berhasil lolos. Pada seleksi II ini, kami hanya akan mengambil 22. Terdiri dari tim inti dan cadangan,” ujar Iskandar Juned, Minggu (27/9).

Setelah rampung seleksi II, Kak Kandar — sapaan akrabnya, tim inti dan cadangan yang sudah ditetapkan, akan digembleng. Itu semua dimaksudkan untuk mematangkan persiapan. Mulai dari taktik serangan, pertahanan, dan sebagainya.

“Usai proses seleksi, kami langsung memberikan pembekalan. Kami pastikan sampai waktunya, PS Tanggamus sudah siap tempur. Masih ada waktu kurang lebih satu bulan untuk mempersiapkan segala sesuatunya,” kata Iskandar optimis.

Demi memuluskan jalan kemenangan di Liga 3 2020, Iskandar Juned menyebutkan, duet Pelatih Rosmudi dan Asisten Anton Irawan ditunjuk “mengarsiteki” PS Tanggamus U-21. Eksistensi Asisten Pelatih Anton Irawan dalam duet dengan Pelatih Rosmudi, diharapkan menjadi motivasi dan energi tambahan bagi skuad U-21 PS Tanggamus. Sebab Anton Irawan merupakan eks pemain Lampung FC yang notabene putra asli Tanggamus.

“Kami sangat optimis, di bawah asuhan duet Pelatih Rosmodi dan Asisten Anton Irawan, PS Tanggamus akan meraih hasil maksimal. Kalau soal bibit-bibit pesepak bola Tanggamus, sudah mulai terlihat Kecamatan Cukuhbalak dan Ulubelu,” tutur Iskandar Juned.

Ketua Askab PSSI Tanggamus mengakui, dalam gelaran Liga 3 2020 ini, PS Tanggamus akan menurunkan wajah-wajah baru. Namun optimisme akan meraih hasil gemilang, bahkan membuat lawan gemetar, bukan tanpa alasan. Sebab tim U-19 PS Tanggamus pernah menorehkan prestasi amat gemilang.

“U-19 pernah dua kali berturut-turut masuk tim empat besar di kompetisi tingkat nasional tahun 2016 dan 2017. Pernah juga menjadi juara Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Lampung. Jadi jika bicara pengalaman, tidak perlu diragukan lagi,” tandas Iskandar Juned.

Untuk diketahui, Liga 3 2020 rencananya menggunakan dua venue di Kabupaten Lampung Selatan. Yaitu di Stadion Jati Kalianda dan Lapangan Candimas, Natar. (ayp)