Lampung Barat – Pemerintah Pekon diminta untuk segera membentuk Relawan Pekon Lawan Covid 19, upaya mencegah masuknya virus yang tengah meresehakan masyarakat. Minggu (29/3).

Melalui surat edaran Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (PDTT) nomor 8 tahun 2020 tentang Desa tanggap Covid 19 dan penegasan padat karya tunai desa.

Sejak Surat Edaran dikeluarkan, Pemkab melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pekon (DPMP) Kamis 26/3/2020 lalu telah menyurati pihak Kecamatan untuk disampaikan ke Pemerintah Pekon agar membentuk Relawan Pekon Lawan Covid 19.

Kadis DPMP, Ronggur L Tobing, mengatakan, tinggal di cek sejauh mana Pekon telah menindak lanjuti, rencana besok Senin 30/3/2020 pihaknya akan minta SK dari Peratin terkait pembentukan Relawan Pekon tersebut.

“Sehingga bagi Pekon yang belum membentuk segera membentuk sesuai surat yang telah disampaikan, bila mengalami kendala dapat segera kordinasi ke Kecamatan atau ke Dinas,” terangnya.

Sebelumnya, Anggota DPRD Lampung Barat asal PKS Nopiyadi, S. I. P mendesak Pemerintah Lampung Barat, untuk segera membentuk desa tanggap virus corona (COVID-19) agar maksimal mencegah paparan virus mematikan di masyarakat.

Hal ini juga sesuai dengan implementasi Surat Edaran Nomor 8 Tahun 2020 yang diterbitkan oleh Kementrian Desa, Pembangunan Daerah Dan Transmigrasi Republik Indonesia yang mengintruksikan agar setiap desa atau pekon membentuk desa tanggap COVID-19 dan penegasan padat karya tunai desa.

“Upaya pencegahan penyebaran wabah corona ini harus melibatkan semua konponen masyarakat terutama masyarakat di tingkat Pekon atau Kelurahan di Lampung Barat. Saya berharap Pemerintah Lampung Barat segera menyikapi persoalan ini,” kata Nopiyadi yang juga Menjabat Sekretaris PKS Lampung Barat. (Sf)