TRANSLAMPUNG.COM, PESIBAR -Sejak maraknya pandemi corona virus desease 2019 (Covid-19), Rutan kelas IIB krui menetapkan aturan baru guna memutus rantai penyebaran virus mematikan tersebut. Selasa, (31/3).

Seperti disampaikan Karutan kelas IIB krui, M. Hendra Ibmansyah SH,.MH saat disambangi dikantornya, mengatakan belum bisa menerima kunjungan langsung dari kerabat dan keluarga tahanan maupun terpidana.

“Semenjak pandemi ini, pembesuk dan tahanan hanya boleh berkomunikasi melalu video call yang sudah disediakan oleh pihak Rutan. Namun, tetap diperbolehkan untuk mengirim makanan, saja dan tidak untuk barang lainnya,” Ungkapnya.

Masih menurut dia, adapun untuk antisipasi terhadap kesehatan tahanan pihaknya (Petugas Rutan) memberlakukan  senam dan berjemur selama 15 menit setiap pagi hari kepada 156 orang tahanan maupun Napi dan makan teratur.

“Hal ini secara tidak langsung merupakan suatu pembinaan. Sementara untuk saat ini, kami tidak menerima WBP baru kalau yang lama tetap kami terima, guna memutus rantai penyebaran Covid-19 yang sedang mewabah di berbagai belahan dunia, “Jelasnya.¬†

Disinggung mengenai upaya menjaga kebersihan ruangan WBP, M. Hendra menjelaskan pihaknya secara rutin dua kali sehari menyemprotkan disinfektan dan sudah bersenergi dengan pemerintah daerah setempat.

“Kami minta kepada pihak pembesuk¬† agar kiranya bisa dimaklumi dan untuk saat ini bisa memanfaatkan saja sarana video call yang ada,” Tandasnya.