Lampung Barat – Puskesmas Bandar Negeri Suoh (BNS), Lampung Barat, melaksanakan Pembinaan kader posyandu Pra (sebelum) menjalani persalinan Ibu Hamil (Bumil). Sabtu (6/3/2021)

Kegiatan yang berlangsung bertempat di BPM ( Bidan Praktek Mandiri) Pekon Tanjung Sari, Kecamatan BNS diikuti Bidan desa, kader posyandu, kader GSI, kader posbindu dan dukun bayi dan dihadiri Kepala Puskesmas BNS ,kassubag TU, bikor, TPG dan HATRA

Kepala puskes BNS Suhaidi, S.kep, M.kes, menjelaskan, pembinaan ini tujuannya untuk meningkatkan kemampuan kader posyandu dalam menjalankan tupoksi bagi balita dan bumil terutama saat bumil akan menjalani persalinan.

“Kader kita beri pemahaman agar pada saat pra persalinan bumil, tidak tergesa-gesa dan paham apa yang harus dikerjakan,” ucapnya.

Lalu, mengajak semua dukun bayi untuk menjalin kemitraan dengan bidan agar ikut memotivasi semua ibu hamil untuk bersalin di puskes sehingga membantu program pemerintah untuk menurunkan AKI dan AKB.

Kemudian, dalam pengukuran dan penimbangan balita serta status gizi ibu itu perlu dipahami. pengetahuan serta wawasan kader tentang catatan dan pelaporan, pengisian KMS bayi dan balita yang ada di posyandu.

Dan “mengevaluasi pencatatan dan pelaporan di tahun sebelumnya, pada saat posyandu serta tetap mematuhi protokol kesehatan untuk memutus rantai penularan Covid-19,” papar dia. (aris/safri)