TRANSLAMPUNG.COM–PANARAGAN. Upaya mencegah penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19), Pemerintah Kabupaten Tulang Bawang Barat (Tubaba) Lampung, tutup semua tempat hiburan dan Wisata Tubaba.

Hal tersebut disampaikan Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Dispora), Drs.Gustami.M.Si saat dikonfirmasi translampung.com diruangan kerjanya pada Rabu (01/04/2020) pukul 12.50 Wib.

Dikatakan Gustami, bahwa terhitung sejak tanggal 1-14 april 2020 dan atau pada batas waktu yang tidak ditentukan, diminta kepada seluruh masyarakat Kabupaten Tubaba, untuk dapat menutup semua tempat-tempat hiburan dan destinasi Wisata, baik milik Pemerintah maupun Swasta.

“Bukan tanpa alasan, penutupan itu kita lakukan mengingat semakin banyaknya kasus yang terkena Covid 19 ini. Apalagi untuk wilayah Kabupaten Tubaba berdasarkan data yang masuk dari Bagian Tata Pemerintahan, sudah ribuan masyarakat yang pulang dari perantauan, baik pelajar maupun para pekerja. Dan semuanya masuk dalam status Orang Dalam Pantauan (ODP), bahkan jika ada yang terindikasi akan menjadi Pasien Dalam Pengawasan (PDP), sehingga kita tidak ingin mengambil resiko,” terangnya.

Hal ini juga berdasarkan Instruksi Pimpinan, yakni surat edaran Bupati Kabupaten Tulang Bawang Barat Nomor 010/061/II.18/TBB/2020 Perihal Pemberitahuan Perpanjangan Penutupan Sementara Tempat Hiburan.

“Surat tersebut merupakan tindak lanjut dari Surat Gubernur Lampung Nomor 440/1022/06/2020 tanggal 16 Maret 2020 Perihal Antisipasi dan Kesiapsiagaan Menghadapi Infeksi Covid 19. Dan Surat 060/54/109/TUBABA tanggal 23 Maret 2020 Tentang Pemberitahuan Penutupan Sementara Tempat keramaian serta mempertimbangkan situasi terkini terhadap Kesiapsiagaan perkembangan kasus Covid 19 di Kabupaten Tulang Bawang Barat,” paparnya.

Untuk itu, tegasnya, tidak ada lagi tempat Hiburan dan Wisata yang masih beroperasi, bahkan Komplek Islamic Center pun sudah di tutup. Dan bagi para pendatang harus mengisolasi diri selama 14 hari sejak kedatangan dan setelah di cek kesehatannya.

“Dengan upaya ini, kita harapkan bisa mencegah atau meminimalisir penyebaran Covid 19, jika ada yang melanggar akan dikenakan sanksi tegas, karena kita juga akan memasang Banner disetiap tempat wisata dan hiburan sebagai pemberitahuan penutupan. Dan masyarakat pun dihimbau untuk tetap menjaga kebersihan, kesehatan, menjaga jarak, keluar rumah hanya jika penting saja, serta tidak melakukan perkumpulan-perkumpulan,” imbuhnya. (D/R)