TRANSLAMPUNG.COM, PESIBAR

  • Puluhan orang Petugas Kebersihan gruduk Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Pesisir Barat (Pesibar), Kamis (1/7).

Adapun kedatangan pasukan orange ini untuk mempertanyakan kejelasan nasib mereka yang sudah bekerja sejak tahun 2015 tiba-tiba diberhentikan secara sepihak oleh Dinas Lingkungan Hidup (DLH) setempat.

Salah satu Petugas Kebersihan, Fitriani, mengatakankan bahwa tujuan mereka mendatangi dinas ini hanya untuk mempertanyakan alasan pemberhentian mereka yang secara sepihak.

“Kami hanya ingin mempertanyakan kenapa kami diberhentikan sebagai petugas kebersihan kalaupun alasannya tidak ada anggaran lagi, tapi kenapa setelah pemberhentian kami kok ada pengganti petugas kebersihan yang baru,” ungkapnya.

Ia juga sangat menyayangkan tindakan pemberhentian itu karena tidak ada pemberitahuan terlebih dahulu, tapi hanya melalui pengumuman yang ditempel saja.

“Dengan masa kerja kami yang 5 tahun lebih ini, kami sangat menyayangkan keputusan sepihak ini, karena tanpa adanya pemberitahuan dan alasan kami diberhentikan,“ tambahnya.

Sementara itu, Muhyin selaku Seketaris DLH Pesibar, ketika menemui para petugas kebersihan menyampaikan bahwa dirinya tidak tahu menahu terkait pemberhentian tersebut, dirinya mengarahkan para pekerja untuk menemui Kepala Bidang ataupun Kepala Dinas langsung.

“Selaku Sekretaris saya tidak tahu menahu tentang pemberhentian ini, kalau mau lebih jelas silahkan hubungi Kepala Bidang (Kabid) Kebersihan atau langsung ke Kadis saja,“ ujar Muhyin.

Dikonfirmasi diruangnya Kepala Dinas Likungan Hidup (DLH) Kabupaten Pesisir Barat, Husni Aripin, menyampaikan penggantian tenaga kebersihan ini berdasarkan SK yang telah ditanda tangani Bupati.

“Semoga dengan adanya pergantian petugas kebersihan ini, kedepanya akan lebih baik lagi. Kami juga meminta dukungan kepada semua pihak agar masalah kebersihan di Pesibar lebih baik,” ujarnya singkat . (Tim)