TRANSLAMPUNG.COM,PALAS-Selain dibekali materi tentang ketrampilan kerja, puluhan Lembaga Pelatihan (LPK) juga dibekali tentang wawasan kebangsaan, yang bertujuan sebagai anak bangsa harus tahu tentang keindonesiaan yang kaya akan adat, budaya dan bahasa sebagai warisan dari para penduhulu bangsa.

Hal itu, dikatakan, Serda Susanto anggota Babinsa koramil 421-08/Palas saat memberikan materi tentang wawasan kebangsaan bagi puluhan lembaga pelatihan kerja (LPK) palas, yang digelar di Desa Bangunan, Kecamatan Palas, Jum’at (13/11/2020).

Lebih lanjut dikatakan Susanto, Indonesia adalah sebuah negara kesatuan yang terdiri dari belasan ribu pulau,ratusan adat dan ribuan pula bahasa. Sehingga membuat Indonesia sangat kaya dengan beragam adat dan budaya yang menjadi perhatian dunia.

“Generasi muda kita, memang harus dapat memahami tentang ke Indonesiaan agar jiwa nasionalisme sebagai anak bangsa dapat tumbuh dan melekat sehingga kecintaannya pada tanah air tak akan pernah pudar semasa hidupnya. Inilah pentingnya agar mereka dibina untuk cerdas dan dapat mengelola sumber kekuatan diri dan alam yang kaya raya ini,” ujarnya.

Bila generasi muda telah memahami tentang ke Indonesiaan ini, ditambahkan dia tentunya semangat dalam jiwa kebersamaan serta rasa persatuan dan kesatuan bangsa akan tertanam secara kuat.

“Sehingga, tidak mudah terpecah belah dari oknum tertentu yang ingin menghancurkan persatuan bangsa ini,” tandasnya.(Johan)