TRANSLAMPUNG.COM, PESIBAR
-Ketua DPR RI Puan Maharani meresmikan atas perubahan nama Bandar Udara Muhammad Taufiq Qiemas dan peresmian jalan Fatmawati Soekarno Kabupaten Pesisir Barat tahun 2021, di Bandara Taufiq Qiemas, Sabtu (10/4/2021)

Ketua DPR-RI (H.C) Puan Maharani beserta rombongan disambut langsung oleh Pj Bupati Pesibar Bambang Sumbogo yang dan menggucapkan selamat datang serta merupakan suatu kehormatan mendapat kunjungan tamu kehormatan negara seperti Ketua DPR-RI beserta rombongan.

“Alasan mengapa pemerintah membangun bandara itu adalah sebagai alat navigasi udara dan untuk mitigasi bencana alam. Penetapan lokasi bandara M Taufik Kiemas dilaksanakan berdasarkan keputusan Menteri Perhubungan RI no. kp 475/09 tahun 2009. Berdasarkan keputusan menteri perhubungan kp 811/16 Bandara tersebut resmi berganti nama menjadi bandara M Taufiq Qiemas. Perubahan nama bandara di kabupaten yang berjuluk negeri para saibatin dan ulama ini, merupakan usulan dari Pemkab Pesibar mengingat latar belakang riwayat Taufiq Kiemas yang diketahui berasal dari Kecamatan Pulau Pisang,” kata Bupati dalam sambutannya.

Selain itu, perubahan nama Bandara merupakan salah satu program Pemprov Lampung dan juga salah satu upaya dari dinas perhubungan untuk terus meningkatkan kualitas dan mutu pelayanan yang terdapat di bandara. Rute penerbangan yang dilayani merupakan strategi untuk mempermudah sisi investasi di Pesibar.

“Selain peresmian nama baru Bandara, hari ini juga diresmikannya nama jalan aksesnya yang sebelumnya memiliki nama jalan Pekon Seray kini berubah menjadi jalan Fatmawati Soekarno,” Pungkasnya.

Sementara itu, Ketua DPR- RI HC Maharani mengatakan ini merupakan kali kedua ia datang ke Krui, menurutnya sewaktu masih SMP ia pernah datang ke Pulau Pisang untuk berziarah dan bertemu dengan keluarga dari pihak ayahnya.

“Alhamdulillah saya tiba di sini lagi sekarang, tadi sudah disampaikan oleh Pak Dirjen ke depan rencananya Bandara ini akan diperlebar dan diperpanjang jadi saya minta kepada Pemda, pejabat yang ada di sini untuk bisa kita sama-sama membangun Krui karena ini milik kita bersama,” ujarnya.

Masih kata Puan, tadi telah disampaikan Pj Bupati Pesibar bahwa jalan di sini akan dinamakan menjadi Fatmawati Soekarno. Insya Allah keinginan untuk mempunyai Masjid Soekarno bisa segera terwujudkan karena kita perlu menggaungkan Pesibar sehingga lebih dikenal orang luar.

“Tapi yang penting Bandara ini dijaga dari kebersihannya, perawatannya, sumber daya manusianya karena tanpa sumber daya manusianya pastinya akan berantakan dan rusak dan tidak bisa digunakan,” tandas Putri sulung M Taufik Kiemas itu.

Selanjutnya kegiatan peresmian ditandai dengan penandatangan Prasasti oleh Ketua DPR -RI yang juga disaksikan oleh Ketua Komisi V DPR -RI, Ketua Komisi lV DPR -RI, Anggota IV BPK RI selaku Pimpinan Pemeriksaan Keuangan Negara, Dirjen Perhubungan Udara, unsur Forkopimda Lambardan-Pesibar, Sekretaris Daerah, Pj. Ketua TP-KK beserta Bupati dan wakil Bupati Terpilih 2020-2024. (*)