PANARAGAN (translampung.com)– Program Bangga Kencana, yang merupakan program Pembangunan Keluarga, Kependudukan dan Keluarga Berencana di Kabupaten Tulangbawang Barat (Tubaba) Lampung, berjalan sesuai harapan.

Hal itu disampaikan Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kabupaten Tubaba, Nurmansyah, SE, MM, Selasa (17/11/2020) pukul 09.30 Wib.

Menurutnya, program Bangga Kencana Tahun 2020, sebagai salah satu wujud keseriusan Pemerintah dalam mewujudkan keluarga berkualitas dan pertumbuhan penduduk yang seimbang, guna mendukung tercapainya Indonesia maju yang berdaulat, mandiri, dan berkepribadian, serta peningkatan kesejahteraan dapat terwujud.

“Untuk wilayah Tubaba, program tersebut telah berjalan 90 persen bahkan lebih. Yang mana kita telah melakukan berbagai kegiatan seperti Sosialisasi Bangga Kencana di setiap Kecamatan, serta Pelayanan kepada masyarakat khususnya dalam hal program KB (Keluarga Berencana),” ungkapnya.

Program ini, jelas dia, merupakan langkah strategis untuk merangkul target sasaran, khususnya generasi milenial terkait pentingnya pengendalian penduduk dan program KB guna mewujudkan keluarga yang sejahtera serta terencana, baik melalui Metode Kontrasepsi Jangka Panjang (pemasangan IUD dan Implan), maupun jangka Pendek (minum pil/obat dan pemakaian Kondom).

“Untuk Alat-alat penunjang program tersebut, seperti Alkon (Alat Kontrasepsi) kita selalu siap, dan pelaksanaannya tentu bagian dari Tenaga Medis Dinas Kesehatan. Sehingga diharapkan sampai akhir tahun ini target-target yang telah ditetapkan dalam program itu dapat tercapai bahkan melebihi,” imbuhnya. (D/R)