Pringsewu-Polres Pringsewu meresmikan tiga pekon sekaligus menjadi kampung tangguh Nusantara (KTN) dalam melawan pandemi Covid-19. Senin (8/3).

Antara lain, Pekon Jati Agung kecamatan Ambarawa yang diresmikan oleh Kabag Perencanaan Kompol Husni Ali Akbar, S.Pd. M.Pd, Pekon Pangung Rejo kecamatan Sukoharjo yang diresmikan oleh Kapolsek Sukoharjo Iptu Timur Irawan, SH dan Pekon Sinar Waya Kecamatan Adiluwih Kabupaten Pringsewu yang diresmikan oleh kanit Binmas Ipda Rusdi.

Kapolres Pringsewu AKBP Hamid Andri Soemantri, SIK mengatakan Keberadaan kampung tangguh, merupakan upaya yang tepat dalam mencegah penyebaran Covid-19. Aktivitas yang ada di dalam kampung tangguh saat ini, telah berjalan baik.

Bahkan kegiatannya, dilakukan secara simultan. Seperti kegiatan penguatan ekonomi masyarakat, penguatan ketahanan pangan serta penguatan kesehatan dan Kamtibmas-nya.

AKBP Hamid mengatakan, Kampung tangguh merupakan ujung tombak memutus mata rantai penyebaran Covid-19, ada edukasi tentang virus tersebut kepada masyarakat. Dengan demikian, masyarakat akan paham betul bagaimana cara pencegahannya sekaligus bahayanya Covid-19.

“Usaha-usaha untuk memutus mata rantai Covid-19 ini ya sudah ada di pekon pekon yang kita jadikan KTN, disana sudah lengkap semuanya karena ada promotif, preventif, kuratif dan ada penanganan dampak sosial juga.

Kapolres berharap masyarakat senantiasa mematuhi aturan sesuai protokol kesehatan Covid-19 sehingga pembentukan kampung tangguh tidak hanya bersifat seremonial tapi menjadi upaya yang maksimal yang disertai dengan kesungguhan untuk terus dilakukan secara bersama-sama.

“Ayo kita berdo’a bersama-sama, semoga pandemi dan penyebaran Covid-19 ini bisa cepat berlalu. Sehingga kita bisa kembali normal seperti sebelumnya,” pungkasnya.(reza)