Pringsewu,Kepolisian Resor Pringsewu menggelar upacara Penandatanganan Pakta Integritas dan pengambilan sumpah Panitia, Orang tua/wali dan Peserta penerimaan terpadu Akpol, Bintara dan tamtama Polri Panrim Polres Pringsewu Tahun Anggaran 2021 yang dilakukan di aula mapolres setempat. Selasa (13/4)

Kegiatan yang tetap menerapkan protokol kesehatan tersebut dipimpin langsung oleh Kapolres Pringsewu AKBP Hamid Andri Soemantri, SIK, yang dihadiri, Kabag Sumda Kompol Efendi Koto, SH, Panitia, dan diikuri dua Peserta seleksi penerimaan Bintara Polri dengan didampingi kedua orang tua / wali.

Selain itu juga dihadirkan pengawas internal Sipropam dan Siwas Polres Pringsewu serta pengawas eksternal dari Dinas Pendidikan dan Dinas Kependudukan Catatan Sipil Kabupaten Pringsewu

Acara penandatangan pakta Integritas dan pengambilan sumpah ini juga dilakukan live streaming dengan Panitia Daerah (Panda) Polda lampung. perserta seleksi sebanyak 121 peserta dapat mengikuti melalui aplikasi Zoom Meeting.

Dalam sambutannya, Kapolres Pringsewu AKBP Hamid Andri Soemantri, SIK menjelaskan kegiatan ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mensosialisasikan kepada seluruh masyarakat bahwa seleksi penerimaan calon anggota Polri dilaksanakan secara bersih, transparan, akuntabel dan humanis.

Lanjut Kapolres, terhadap panitia, orang tua dan peserta seleksi mempunyai komitmen yang sama untuk tidak melakukan Korupsi, Kolusi dan Nepotisme.

“Saya mengharapkan apa yang telah kita ucapkan dan tanda-tangani tadi hendaknya dapat diimplementasikan dan dapat dipertanggungjawabkan kepada masyarakat, negara dan Tuhan Yang Maha Esa,” ujarnya.

“Dalam mencapai tujuan Polri yang presisi prinsip rekrutmen anggota Polri terpadu mengutamakan asas Clean and Clear. oleh sebab itu prinsip Bersih, Transparan, Akuntabel dan Humanis (BETAH) harus benar-benar dilaksanakan dengan baik untuk menghasilkan karakter SDM Polri yang unggul dan kompetitif,” tutur AKBP Hamid Andri Soemantri.

“Hal ini dilaksanakan agar tercapainya tujuan rekrutmen Polri yang Bersih, Transparan, Akuntabel dan Humanis,” pungkasnya.

Sementara itu Kabag Sumda Kompol Efendi Koto, SH menyampaikan Untuk tahun 2021 ini peserta calon penerimaan Polri terpadu di Polres Pringsewu sejumlah 121 orang, terdiri dari polisi laki-laki ada 98 orang dan polisi wanita ada 23 orang.

Dari 121 orang tersebut, sebanyak 10 orang mendaftar Akpol, 103 orang mendaftar Bintara Polisi Tugas Umum, 5 orang mendaftar Bintara Teknologi Informasi dan 3 orang mendaftar Tamtama Brimob Polri.

Menurut kabag Sumda dalam proses rekrutmen penerimaan Polri terpadu tahun 2021, Polri berkomitmen pada prinsip, bersih jujur transparan dan akuntabel pada proses perekrutan.

“Percaya dengan kemampuan diri kalian sendiri, karena masuk Polri tidak dipungut biaya alias gratis,” tegasnya.

Ia juga menghimbau kepada para orang tua dan peserta agar tidak percaya dengan berbagai oknum yang menjanjikan kelulusan anggota Polri. Belajar dan berlatih, ikuti seluruh tahapan dengan serius, bersungguh-sungguh dan jangan lupa memohon doa kepada Tuhan Yang Maha Esa.(reza)