Pringsewu-Dalam rangka menciptakan situasi yang kondusif menjelang Pilkakon serentak 2021, Polres Pringsewu menggelar silaturahmi dengan para tokoh agama Islam se-kabupaten Pringsewu bertempat di aula pemerintah daerah kabupaten Pringsewu. Kamis (4/2)

Hadir dalam kegiatan tersebut Bupati Pringsewu yang diwakili sekretaris daerah Drs Heri Iswahyudi, MM, Kapolres Pringsewu AKBP Hamid Andri Soemantri, Dandim 0424 Tanggamus diwakili Pabung Mayor Cpm Eva Yuniar Kamal, kepala Kesbangpol Sukarman, jajaran TNI, Polri serta tokoh agama dan pimpinan ormas keagamaan.

Kapolres Pringsewu AKBP Hamid Andri Soemantri mengatakan silaturahmi sangat penting, terlebih di masa pandemi saat ini, dimana diperlukan kerjasama yang sinergis dalam rangka menanggulangi penyebaran Covid-19.

Dikatakan, toleransi sangat dibutuhkan dalam rangka mewujudkan kerukunan umat beragama, agar negara semakin kuat
Terkait penyelenggaraan Pemilihan Kapekon Serentak se Kabupaten Pringsewu dalam waktu dekat, Kapolres Pringsewu mengajak bersama-sama menyukseskan pesta demokrasi tersebut, dengan menjaga kondusivitas wilayah, dan tidak mengotori dengan hal-hal yang dapat memecah persatuan dan kesatuan bangsa.

“Lewat tokoh agama mengajak masyarakat agar dapat bersama – sama menjaga situasi Kamtibmas, sehingga tercipta Pilkakon damai di Kabupaten Pringsewu. Selain itu juga para tokoh agama dapat mengajak masyarakat untuk menjaga sikap toleransi, bijak dan berhati – hati dalam bermedia sosial dengan tidak menyebarkan berita hoax, fitnah, serta ujaran kebencian yang dapat menimbulkan gejolak di masyarakat,” ujar AKBP Hamid Andri Soemantri, SIK

Lebih lanjut ia mengatakan bahwa saat ini tengah berlangsung vaksinasi Covid-19 untuk itu ia mengharapkan kepada seluruh tokoh agama untuk membantu mensukseskan program pemerintah tersebut, dan tetap menghimbau kepada masyarakat untuk tetap disiplin protokol kesehatan dengan menerapkan 3M dan 1 T sebagai salah satu upaya mencegah penularan Covid-19.

Sementara itu Sekda Kabupaten Pringsewu Heri Iswahyudi membacakan sambutan tertulis Bupati Pringsewu Sujadi mengapresiasi kegiatan silaturahmi tersebut.

“Jalinan silaturahmi yang erat antara pemerintah daerah dan muspida beserta para tokoh agama, dapat lebih meningkatkan pemahaman akan tugas pokok dan fungsi masing-masing dalam mewujudkan persatuan dan kesatuan guna menjaga situasi kamtibmas yang kondusif,”Ungkapnya.

Ia menambahkan,situasi menjelang suatu moment penting memerlukan perhatian khusus dari para pemangku kepentingan, karena situasi kamtibmas yang kondusif berperan penting dalam kelancaran pelaksanaan suatu kegiatan.(reza)