Pringsewu – Jajaran Sat Sabhara Polres Pringsewu melaksanakan pelatihan simulasi penggunaan kekuatan dalam tindakan kepolisian sesuai Perkap 01 tahun 2009. (10/06).

Kegiatan pelatihan simulasi yang dilaksanakan di halaman apel Polres Pringsewu tersebut dihadiri oleh kapolres Pringsewu AKBP Hamid Andri Soemantri, SIK, Wakapolres pringsewu Kompol Misbahuddin, Kasat Reskrim AKP Sahril paison, SH, MH, Kasat Sabhara dan sejumlah personil pelatihan.

Kapolres Pringewu AKBP hamid Andri Soemantri, SIK dalam arahan mengatakan agar seluruh peserta pelatihan dalam pelaksanaan simulasi ini dilaksanakan dengan serius, jalankan setiap tindakan kepolisian sebagaimana diatur dalam perkap 01 tahun 2009 tentang penggunaan kekuatan dalam tindakan kepolisian.

Sementara itu Kasat Sabhara Polres pringsewu Iptu Nurul Haq menambahkan bahwa Guna meningkatkan kemampuan teknis kepolisian dan kemampuan para personilnya. Satuan Sabhara Polres Pringsewu pada hari ini melaksanakan pelatihan simulasi penggunaan kekuatan dalam tindakan kepolisian sesuai Perkap 01 tahun 2009.

“Kami melatihkan tahapan-tahapan tindakan penggunaan perkuatan personil sebagaimana diatur dalam perkap 01 tahun 2009 mulai dari tindakan pasif dihadapi dengan kendali tangan kosong lunak, tindakan aktif dihadapi dengan kendali tangan kosong keras, tindakan agresif dihadapi dengan kendali senjata tumpul dan atau senjata kimia, tindakan agresif bersifat segera yang dapatan dapat dihadapi menyebabkan luka parah atau kematian atau membahayakan kehormatan kesusilaan anggota Polri atau masyarakat dapat dihadapi dengan kendali senjata api atau alat lain,”Ujarnya.

“Harapan kami dengan dilakukan pelatihan ini wawasan dan kemampuan personil semakin meningkat sehingga pada saat diaplikasikan didalam melaksanakan tugas di lapangan personil dapat bersikap profesional dan akuntable,” Pungkasnya.(reza)