TRANSLAMPUNG.COM, WAY TUBA – Bekerjasama dengan TNI AD Skadron 12/Serbu, Pengurus Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Way Kanan dan Oku Timur menyelenggarakan kegiatan Perlombaan dan Pelatihan Palang Merah Remaja (PMR) Tingkat Wira/Regional Se Kabupaten Way Kanan dan Oku Timur.

Kegiatan tersebut telah dibuka dan akan berlangsung selama tiga hari sampai hari Minggu 9 Januari 2020 di Markas Skadron 12/Serbu, Lanudad Gatot Subroto Way Tuba, Kabupaten Way Kanan.

Upacara Pembukaan kegiatan tersebut dipimpin langsung oleh Komandan Skadron 12/Serbu, Letkol. CPN. Yoenda Faizal Suhendar. Serta dihadiri Wakil Bupati Way Kanan H. Edward Antony beserta jajaran, dan Komandan Kodim 0427 Way Kanan. Serta di Hadiri juga oleh Asisten II Pemkab Oku Timur dan Waka Polres Oku Timur.

Meski diguyur hujan selama upacara pembukaan berlangsung, acara tersebut tetap berjalan hikmat dan lancar.

Selain itu, sebanyak 455 siswa dan sisiwi atau pelajar juga dilibatkan untuk mengikuti seluruh kegiatan tersebut.

455 Pelajar itu terdiri dari 17 Sekolah SMA/SMK asal Way Kanan dan 18 Sekolah SMA/SMK asal Kabupaten Oku Timur, Sumsel. Dengan total diikuti oleh perwakilan dari 35 Sekolah.

Adapun pelatihan dan perlombaan yang dilaksanakan yaitu, Lomba Pertolongan Pertama, Lomba Cipta Tandu Darurat, Lomba Pasang Bongkar Tenda, Lomba Yel Yel dan Pentas Seni.

Sedangkan untuk Pelatihannya yaitu, Pelatihan untuk mengatasi rintangan alam, Praktik Navigasi Membaca Peta Darat skala 50 ribu. Kerja sama pelayanan dapur umum lapangan, teknik komunikasi antar relawan ke posko utama ke Hlikopter dan Komunikasi sesama relawan.

Selanjutnya, Pelatihan Teknik menaikkan dan menurunkan korban ke Helikopter dan Ambulans, serta Pelatihan teknik pelaporan administrasi tertulis oleh tim menggunakan riwayat penderita atau kartu luka. (Migo).