TRANSLAMPUNG.COM, BLAMBANGAN UMPU – Bupati Way Kanan H. Raden Adipati Surya menjadi pemimpin Upacara dalam Rangka memperingati Hari Santri Nasional Tingkat Kabupaten Way Kanan yang berlangsung di Lapangan Kampung Bumi Baru Kecamatan Blambangan Umpu. Selasa (22/10/2019).

Upacara peringatan Hari Santri Nasional itu sendiri diikuti lebih dari 1000 peserta baik dari Santri Santri yang ada di Kabupaten Way Kanan maupun dari jajaran PCNU Way Kanan seperti Banser, Ansor dan Banom Banom NU.

Selain Upacara, PCNU Kabupaten Way Kanan selaku penyelenggara bersama Santri perwakilan Pondok Pesantren yang ada di Kabupaten Way Kanan dan Masyarakat Kampung Bumi Baru juga telah menggelar Perkemahan untuk mengisi kemeriahan Hari Santri Nasional Tingkat Kabupaten Way Kanan Tahun 2019.

Dalam amanatnya, Bupati Raden Adipati surya menyampaikan Sambutan Tertulis Atas Nama Menteri agama, Sekretaris Jendral M. Nur Kholis Setiawan.
Yang menyebutkan bahwa dalam suasana memperingati Hari Santri tanggal 22 Oktober 2019 ini. “marilah kita panjatkan puji dan syukur kehadirat Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa, semoga rahmat, berkat, dan perlindungan-Nya senantiasa menyertai kita semua,” sebut Adipati.

Lanjut Adipati, Presiden Joko Widodo melalui Keputusan Presiden Nomor 22 Tahun 2015 telah menetapkan tanggal 22 Oktobersebagai Hari Santri.

“Penetapan tanggal 22 Oktober merujuk pada tercetusnya “Resolusi Jihad” yang berisi fatwa kewajiban berjihad demi mempertahankan kemerdekaan Indonesia. Resolusi jihad ini kemudian melahirkan peristiwa heroik tanggal 10 Nopember 1945 yang kita diperingatisebagai Hari Pahlawan,” lanjutnya.

Adipati juga mengatakan, Sejak Hari Santri ditetapkan pada tahun 2015, Indonesia selalu menyelenggarakan peringatan setiap tahunnya dengan tema yang berbeda. Secara berurutan pada tahun 2016 mengusung tema “Dari Pesantren untuk Indonesia”, tahun 2017 “Wajah Pesantren Wajah Indonesia”, dan tahun 2018 “Bersama Santri Damailah Negeri” sedangkan peringatan Hari Santri 2019 mengusung tema “Santri Indonesia untuk Perdamaian Dunia”.

“Atas Nama pribadi dan Pemerintah Kabupaten Way Kanan saya mengucapkan Selamat Hari Santri 2019, Santri Indonesia untuk Perdamaian Dunia,” Pungkas Adipati.

Turut hadir pada Upacara tersebut, jajaran Forkopimda Kabupaten Way Kanan diantaranya Dandim 0427 Way Kanan Letkol. CZI Komara. Kapolres Way Kanan AKBP. Andy Siswantoro, Kankemenag Way Kanan H.M Isa. Serta jajaran pengurus PCNU Way Kanan serta tamu undangan lainnya. (rls/mg).