Pengantar : Senior Manajer Sumber Daya Manusia Unit Induk Wilayah Sulawesi Selatan, Sulawesi Barat, dan Sulawesi Tenggara Mundhakir Salman tergelitik membaca tulisan berjudul Jangan Mempersulit Orang Lain. Di bawah ini komentarnya yang disampaikan dengan gaya bertutur.

Jangan mempersulit orang lain tapi permudahlah. Pesan itu ada di semua agama. Juga merupakan nasihat orang tua yang sangat berkesan dan begitu besar dampaknya dalam kehidupan.

Jangan mempersulit orang lain. Jika melakukan itu dampak negatifnya bakal luar biasa. Dirasakan baik langsung ataupun tidak oleh orang yang melakukannya.

Dengan mempersulit orang lain akan menyempitkan kehidupan, memutus silaturahim, menghilangkan kepercayaan, dan menutup pintu rejeki. Akibatnya besar sekali dan pasti tidak menyenangkan.

Setiap kali mempersulit orang lain sesungguhnya akan mempersulit diri sendiri. Seolah-olah dengan mempersulit akan mendapatkan keuntungan, padahal sesungguhnya bakal kehilangan sesuatu yang sangat besar nilainya bahkan bisa hilang segalanya.

Hidup Lebih Berkah
Jangan mempersulit orang lain sebab itu akan menjadikan kehidupan kita menjadi sulit. Sebailknya permudah orang lain – tentunya sesuai norma dan aturan – karena dengan begitu akan membukakan jalan kebaikan, menambah silaturahim, memperluas rejeki, dam memberikan nilai tambah yang luar biasa.

Bahkan bisa mendapatkan sesuatu yang tidak ternilai harganya. Hidup menjadi lebih tenang, jalan menjadi menyenangkan, tidur lebih nyenyak, makan lebih terasa enak, pikiran pun lebih terarah dan positif. Hidup menjadi lebih berkah.

Selama ini Pak Aqua sering memberi contoh nyata tentang itu. Beliau senang membantu banyak orang termasuk orang-orang yang tidak dikenalnya.

Melakukannya tanpa pamrih. Niat sepenuhnya ibadah. Melaksanakan semuanya karena TUHAN. Hanya itu. Tidak ada maksud yang lain.

Karena Pak Aqua sering memudahkan hidup orang lain, terutama membantu mereka yang susah, sehingga beliau juga banyak mendapat kemudahan dalam hidupnya. Itu salah satunya bisa dilihat dari kelancaran berbagai aktivitas yang dilakukannya.

Kepuasan Batin yang Nilainya Melebihi Uang
Beliau konsisten melakukannya pada siapa saja, kapan saja, dan di mana saja. Ada kepuasan batin saat melihat orang-orang yang dibantunya bahagia.

Bagi Pak Aqua, kepuasan batin bisa membantu banyak orang merupakan kebahagiaan tersendiri. Nilainya mungkin melebihi uang berapa pun juga.

Jadi Pak Aqua tidak sekedar menulis namun langsung mempraktikkannya. Konsisten melakukannya. Aktivitas tersebut sudah mendarah daging. Menjadi kebiasaan sehari-hari.

Terima kasih Pak Aqua yang telah mengingatkan dan untuk pesannya yang sangat berharga, agar jangan mempersulit orang tetapi permudahlah. Dengan demikian semua menjadi mudah dan indah. Aamiin ya robbal aalamiin…
16.12.2002 ; 22.00.

Dalam perjalanan menuju Bogor bersama si bungsu Ero, sesaat setelah mendarat di Bandara Soetta Tangerang dari Bali, saya ucapkan selamat berusaha secara konsisten membantu banyak orang. Salam hormat buat keluarga. 14.30 19122020😃<<<