TRANSLAMPUNG.COM (PANARAGAN)–
Rekomendasi Bupati Tulangbawang Barat (Tubaba) Lampung. Umar Ahmad.Sp, untuk berikan  perpanjangan masa jabatan Sekretaris Daerah (Sekda) setempat, menunggu hasil evaluasi.

Hal tersebut setelah akan berakhirnya Jabatan sekdakab Tubaba Herwan Sahri pada Agustus 2020 mendatang.

“Ya, masa jabatan sekda akan berakhir, sudah 5 tahun. Setelah ini akan ada evaluasi kinerja nya, nanti akan kita lihat, apa hasil evaluasi tersebut, baru ada kepastian lanjut atau tidak.” Kata Bupati saat dihubungi translampung.com via Whatsapp pada (12/5/2020) sekitar pukul 11.55 Wib.

Sementara itu Kepala Badan kepegawaian Daerah (BKD) Tubaba Novian Priahutama, mengatakan. Berdasar SK, Jabatan Sekda Tubaba akan habis pada Agustus 2020. Setelah masa jabatannya habis, maka Bupati bisa mengambil keputusan untuk memperpanjang jabatan Sekda atau dipulangkan kembali ke Provinsi.

“Jika Pak Herwan sahri kembali dilakukan Perpanjangan, tentunya itu berdasarkan pencapaian Kinerja, kesesuaian Kompetensi, dan berdasarkan kebutuhan instansi setelah mendapat persetujuan Pejabat pembina Kepegawaian dan berkoordinasi dengan Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN).” Jelas Novia.

Lanjut dia, Jika kelak Bupati tidak ingin memperpanjang jabatan Sekda Tubaba, maka Bupati akan melakukan konsultasi dan koordinasi tentunya dengan Gubernur, untuk melakukan  pemulangan Eselon II nya. Setelah itu, barulah melakukan pelelangan kursi Sekda.

“Hal itu sesuai dengan surat edaran Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Nomor 133/11145/SJ Tentang Evaluasi Jabatan Sekretaris Daerah. Sementara, penetapan perpanjangan atau pemberhentian PPT pratama sekretaris daerah kabupaten kota harus dikoordinasikan kepada Gubernur, dan melakukan penyampaian hasil evaluasi dimaksud kepada gubernur sebagai wakil Pemerintah Pusat paling lambat 3  bulan sebelum terpenuhinya masa jabatan 5  tahun.” Imbuhnya (D/R).